4 Manfaat Sarung Tangan Medis dan Tips Memilihnya

91 Tinjau  | 

4 Manfaat Sarung Tangan Medis dan Tips Memilihnya

Apa itu sarung tangan medis ? Secara sederhana, yang dinamakan dengan sarung tangan medis adalah sarung tangan steril. Yang dilakukan sterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan berbagai mikroorganisme yang menempel.

Meski namanya sarung tangan karet medis, namun sarung tangan ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan medis saja. Tapi juga untuk kepentingan dunia industri.
 
Manfaat Sarung Tangan Medis
 
Memilih menggunakan sarung tangan khusus medis bukanlah tanpa alasan. Berikut beberapa fungsi sarung tangan medis baik untuk keperluan medis sendiri ataupun keperluan industri :

1.      Sebagai Pelindung

Ada beberapa industri yang mewajibkan karyawannya menggunakan sarung tangan steril atau medis. Seperti industri bahan kimia, garmen, tekstil, dan lain sebagainya.

Sarung tangan ini berfungsi sebagai pelindung tangan saat bekerja. Agar tidak terluka akibat tergores atau bersentuhan langsung dengan bahan berbahaya.

2.      Menghindari Microorganisme yang Berbahaya

Hand gloves atau sarung tangan medis ini selalu digunakan tenaga medis ketika melakukan pekerjaan yang bersentuhan langsung dengan cairan tubuh manusia. Pemakaian sarung tangan ini berfungsi untuk menghindari tangan dari kontak langsung dengan microorganisme berbahaya.

3.      Melindungi Paparan Zat Kimia

Mereka yang bekerja di laboratorium wajib hukumnya menggunakan sarung tangan steril. Kenapa? Karena banyak bahan kimia berbahaya yang bisa mengenai kulit tangan. Menyebabkan luka bakar hingga merusak jaringan kulit.

4.      Menjaga Kualitas Produk

Bekerja di Industri makanan dan restoran juga diharuskan menggunakan sarung tangan steril. Ini dimaksudkan agar kualitas dan kesegaran makanan bisa tetap terjaga dengan baik. Tidak terkontaminasi dari berbagai microorganisme yang ada pada kulit tangan.
 
Tips Memilih Sarung Tangan Medis
 
Agar sesuai dengan tujuan, membeli hand gloves tidak boleh sembarangan. Harus sesuai dengan standar WHO. Berikut beberapa tips sederhana dalam memilih hand gloves :

1.      Terbuat dari bahan berkualitas

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih sarung tangan steril adalah memilih bahan yang berkualitas. Ada beberapa jenis bahan yang biasa ditemui di pasaran. Yaitu sarung tangan berbahan latex, vinyl, nitrile.

Bahan latex adalah karet solid, kuat, fleksibel, dan anti selip. Biasa digunakan untuk medis maupun industri. Sedangkan bahan vinyl biasa digunakan untuk industri makanan dan rumah tangga. Dan bahan nitrile paling banyak digunakan untuk medis dan kedokter.

Pilihlah sarung tangan dengan bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Ini akan lebih efektif karena setiap bahan memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda.

2.      Sesuai dengan Ukuran Tangan

Memakai sarung tangan memang lebih rentan mengalami selip. Tapi ini tidak perlu terjadi jika membeli sarung tangan dengan ukuran yang sesuai telapak tangan. Maka belilah sarung tangan yang fleksibel sehingga ukurannya bisa menyesuaikan dengan ukuran tangan pemakai.

3.      Menutupi Pergelangan Tangan

Belilah sarung tangan yang menutupi Pergelangan tangan. Agar perlindungan bisa lebih maksimal.

4.      Membeli dari Toko Alat Kesehatan Terpercaya

Membeli sarung tangan memang bisa dimana saja. Dijual bebas seperti layaknya masker pada saat pandemi. Tapi untuk mendapatkan yang berkualitas sesuai standar kesehatan, belilah sarung tangan di apotik atau toko alat kesehatan.

Harga sarung tangan medis di apotik biasanya lebih mahal. Dibandingkan di toko alat kesehatan. Untuk pembelian dalam jumlah besar, belilah sarung tangan di toko alat kesehatan.

Salah satunya adalah di distributor alat kesehatan dan sarung tangan medis PT Globindo Mega Pratama. Disini anda bisa mendapatkan sarung tangan standar kesehatan kualitas terbaik. Tidak perlu khawatir dengan harganya. Karena semua produk alat kesehatan dijual dengan harga terjangkau ke seluruh Indonesia.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis