Apa itu hazmat ? Beda Tipe Beda Fungsi. Simak penjelasannya

60 Tinjau  | 

Apa itu hazmat ? Beda Tipe Beda Fungsi. Simak penjelasannya

Baju pelindung hazmat, sebenarnya lebih tepat jika disebut sebagai salah satu perlengkapan APD selain pelindung untuk membran mukosa (kacamata dan pelindung muka), sarung tangan, baju – pelindung baju, sepatu – pelindung sepatu dan penutup kepala. APD pada umumnya digunakan oleh tenaga medis (teknisi maupun paramedis).

Terbatasnya stok hazmat marak diperbincangkan media belakangan ini. Kurangnya APD yang memadai untuk tenaga Kesehatan terutama baju pelindung hazmat meningkatkan potensi transmisi virus. Hal ini pula yang membuat pengusaha di bidang tekstil berinisiatif membuat baju pelindung hazmat dengan semangat dan tujuan yang mulia memastikan ketersediaannya bagi nakes.

Jenis baju hazmat yang sering terlihat digunakan oleh petugas Kesehatan saat melakukan perawatan maupun saat melakukan evakuasi terhadap pasien. Jenis baju hazmat sendiri merupakan salah satu alat pelindung diri yang biasanya digunakan oleh pemadam kebakaran, petugas medis, peneliti, orang – orang yang bertanggungjawab terhadap zat berbahaya dan seluruh orang yang memiliki tugas di area kerja dengan dampak kontaminasi terhadap bahan – bahan berbahaya bagi Kesehatan.

Jenis baju hazmat dapat diklasifikasiakan menjadi 6 tingkat. Sebagai berikut ;

·         Tipe 1

Digunakan untuk melindungi diri dari cairan dan bahan kimia dalam bentuk gas. Pada tipe 1 terdapat fitur kaca pelindung dari gas, karena jenis baju hazmat tipe ini perlu perlindungan tingkat tinggi.

·         Tipe 2

Digunakan untuk melindungi diri dari cairan dan bahan kimia dalam bentuk gas. Pada tipe 2 tidak terdapat fitur kaca pelindung dari gas.

·         Tipe 3

Digunakan untuk melindungi diri dari cairan kimia dalam waktu yang terbatas. Terdapat fitur anti air.

·         Tipe 4

Digunakan untuk melindungi diri dari cairan kimia dalam waktu yang terbatas. Terdapat fitur anti air terhadap cairan dengan partikel yang disemprotkan.

·         Tipe 5

Digunakan untuk melindungi diri dari cairan kimia dalam waktu yang terbatas. Hanya melindungi Sebagian dari tubuh saja.

·         Tipe 6

Digunakan untuk melindungi diri dari cairan kimia.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai kebutuhan rumah sakit dan klinik. Berpengalaman lebih dari 5 tahun membuat PT Globindo Mega Pratama menjadi distributor alkes yang dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik yang mampu bersaing diantara distributor alat Kesehatan lainnya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis