Mengenal 5 Peralatan Rumah Sakit Yang Sering Terlihat Oleh Pasien

221 Tinjau  | 

Mengenal 5 Peralatan Rumah Sakit Yang Sering Terlihat Oleh Pasien

Bagi mereka yang sering mengunjungi rumah sakit untuk berbagai keperluan perawatan, pasti tidak asing dengan berbagai peralatan rumah sakit. Terutama peralatan yang digunakan untuk menangani proses penyembuhan pasien.

Ragam Peralatan Rumah Sakit

Yang dinamakan dengan alat kesehatan tidak sebatas peralatan yang digunakan untuk penyembuhan saja. Tapi juga digunakan untuk mendiagnosis, mencegah, dan memulihkan pasien. Lalu apa saja peralatan yang ada di rumah sakit? Berikut 5 diantaranya :

1.      Lampu Periksa

Peralatan medis rumah sakit yang sering terlihat adalah lampu periksa. Seperti namanya, lampu periksa adalah peralatan yang wajib ada di ruangan praktik dokter. Fungsinya adalah membantu memberi penerangan yang cukup untuk dokter saat memeriksa pasien.

Lampu ini harus dilengkapi dengan penerangan yang baik. Biasanya menggunakan jenis lampu LED yang cukup terang tapi tidak memberi rasa panas pada pasien. Semakin tinggi kemajuan teknologi, lampu penerangan ini hadir dalam bentuk dan desain yang kekinian.

2.      Pasien Monitor

Peralatan rumah sakit lain yang sering terlihat di ruang perawatan adalah pasien monitor. Terutama di ruangan ICU. Terletak di samping tempat tidur pasien. Berfungsi untuk memantau keadaan pasien dengan kondisi yang tidak stabil dan perlu penanganan khusus.

Pasien monitor ini selalu menyajikan informasi secara real time tentang keadaan pasien. Seperti detaka jantung, kadar oksigen pada paru-paru, suhu tubuh dan lain sebagainya. Dari informasi inilah tenaga medis bisa melakukan tindakan secepatnya jika mendapati pasien dalam keadaan perlu pertolongan segera.

3.      USG

Pernah masuk ruang praktik dokter kandungan? Kalau pernah, pasti tidak asing lagi dengan peralatan medis rumah sakit yang satu ini. Yaitu Ultrasonografi atau yang biasa disebut dengan USG.

Fungsi USG tidak hanya untuk melihat perkembangan janin dalam kandungan saja. Tapi juga organ lain seperti paru-paru, usus, jantung, hingga saluran pencernaan. Cara kerja alat ini adalah dengan memanfaatkan gelombang ultrasound agar bisa melihat bagaimana kondisi dalam tubuh.

4.      UV Sterilisator

Banyaknya pasien yang datang ke rumah sakit membuat banyak ruangan di rumah sakit terkontaminasi dengan berbagai virus yang membahayakan. Terutama ruang perawatan, ruang oprasi, ruang ICU, NICU dan praktik dokter. Perlu dilakukan sterilisasi agar tidak ada virus yang menumpuk di sana.

Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan UV Sterilisator. Karena UV sterilisator ini menggunakan sinar UV yang membahayakan bagi manusia, biasanya dilakukan dengan sangat hati - hati. Menggunakan remote dari jarak jauh.

5.      Inkubator Bayi

Inkubator bayi adalah peralatan medis yang biasanya ada di ruang persalinan. Seperti namanya, inkubator adalah tempat pengeraman yang nyaman bagi bayi yang baru lahir. Terutama bayi yang lahir secara prematur.

Normalnya janin akan berada dalam rahim selama kurang lebih 40 minggu. Tapi ada beberapa kasus dimana bayi harus dilahirkan secara prematur atau kurang cukup umur. Dimana akan beresiko tinggi mengalami gangguan kesehatan karena sebagian organnya belum terbentuk sempurna. Terutama paru-paru.

Pada inkubator inilah biasanya bayi akan diletakkan sementara. Memberi kehangatan layaknya dalam rahim ibu.

Nah itulah 5 alat-alat medis penting yang harus ada di rumah sakit. Masih banyak peralatan medis lain yang wajib ada di rumah sakit dengan standar kementerian kesehatan dan WHO.

Agar tidak salah pilih, pastikan membeli peralatan rumah sakit di distributor alat keseahta PT Globindo Mega Pratama. Dengan berbekal pengalaman di bidang alat kesehatan selama lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama mampu menyediakan berbagai alat medis kualitas terbaik ke seluruh Indonesia.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis