Pahami 3 Fungsi Kassa Steril dan Tips Cara Penggunaannya

141 Tinjau  | 

Pahami 3 Fungsi Kassa Steril dan Tips Cara Penggunaannya

Kassa steril bukan lagi alat medis yang asing. Biasa digunakan untuk membalut luka. Atau keperluan lain di layanan kesehatan. Tidak hanya ada di klinik, puskesmas, dan rumah sakit saja. Tapi kain kassa juga banyak disediakan di rumah. Sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan.

Apa itu kasa steril? Yaitu kain yang diproduksi sedemikian rupa untuk membalut luka, pusar bayi, khitan, atau luka lain lainnya. Disebut steril karena telah disterilkan dengan sinar iradiasi agar tidak ada lagi sisa bahan kimia pada kassa tersebut.

Fungsi Kassa Steril

Kain kassa steril memiliki banyak fungsi. Terutama untuk membalut luka atau jaringan kulit yang rusak akibat kebakaran. Berikut 3 fungsi utama kain kassa yang paling banyak digunakan :

1.     Membalut Luka

Fungsi kain kassa yang pertama adalah membalut luka. Luka yang dibiarkan terbuka akan lebih rentan terkena infeksi. Karena bakteri akan lebih mudah masuk dan berkembangbiak pada kulit dengan luka terbuka.

Selain itu, luka yang terbuka juga beresiko bergesekan dengan pakaian, atau benda lainnya. Diperlukan penutup yang bisa melindungi luka dari gesekan benda apapun di sekitarnya. Yaitu kain kassa yang telah disterilkan dari berbagai bahan kimia berbahaya.

2.     Mengatasi Pendarahan

Selain membalut luka, kassa steril juga bisa digunakan untuk mengatasi Pendarahan. Jaringan kulit yang rusak karena terluka bisa mengeluarkan banyak darah.

Perlu perawatan secepatnya agar darah tidak terlalu banyak keluar. Salah satu cara yang digunakan untuk menghentikan pendarahan adalah dengan membalut luka kain kassa yang telah sterilkan.

Kassa steril bisa membantu menghentikan pendarahan. Lalu dibubuhkan obat untuk menutup luka dan mengembalikan jaringan kulit yang rusak karena luka tersebut.

3.     Membersihkan Mulut Bayi

Bayi yang baru lahir hingga umur 1 tahun belum bisa membersihkan mulutnya dengan air ataupun pasta gigi. Namun mulut bayi harus senantiasa dibersihkan agar terhindar dari berbagai macam penyakit dari makanan yang masuk lewat mulutnya.

Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan kain kassa. Permukaannya yang tidak terlalu lembut dan juga tidak terlalu kasar bisa digunakan untuk membersihkan mulut bayi tanpa meninggalkan luka.

Kassa juga sering digunakan sebagai pengganti sikat gigi bagi bayi yang baru tumbuh gigi. Lapisan kain kassa bisa mengikis sisa makanan yang menempel pada gigi dengan baik.

 

Tips Penggunaan Kassa Steril

Meski terkesan mudah, ternyata penggunaan kassa tidak boleh sembarangan. Berikut cara aman menggunakan kassa sebagai penutup luka yang perlu diketahui :

1.     Cuci tangan terlebih dahulu. Pastkan tangan dalam keadaan bersih dan bebas dari bakteri berbahaya. Jika tidak ada sabun antiseptik dan air, anda bisa menggunakan handsanitizer.

2.     Tempel kassa pada luka yang telah diberi obat. Pastikan kassa menutupi seluruh bagian luka agar tidak terinfeksi bakteri. Lalu ikat simpul agar mudah dibuka ketika akan menggantinya. Atau bisa menggunakan lem perekat khusus sebagai pengganti mengikat perban.

3.     Hindari mengikat terlalu ketat. Memberi ruang bagi kulit untuk bernafas. Ganti kain kassa setiap 4 hingga 6 jam. Atau ketika kassa sudah terlihat lembab dan basah.

Demikian fungsi kain kassa dan bagaimana tips menggunakannya. Untuk bisa mendapat kassa steril, Pastikan membelinya di PT Globindo Mega Pratama. Distributor kain kasa dan alat kesehatan yang telah berpengalaman selama lebih dari 5 tahun. Menjual berbagai alat kesehatan kualitas baik untuk pengiriman ke seluruh Indonesia.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis