7 Standar Alat Kesehatan Rumah Sakit Tipe C yang Harus Tersedia

166 Tinjau  | 

7 Standar Alat Kesehatan Rumah Sakit Tipe C yang Harus Tersedia

Yang dinamakan dengan rumah sakit tipe C adalah rumah sakit yang memberi layanan spesialisasi dokter yang terbatas. Hanya sebatas spesialisasi kandungan dan kebidanan, anak, spesialisi bedah dan penyakit dalam. Maka dari itu standar alat kesehatan rumah sakit tipe C juga harus sesuai dengan spesialisasi layanannya.

Rumah sakit tipe C ini hanya bersifat regency hospital. Yang bisa menerima rujukan kesehatan dari fasilitas kesehatan setingkat di bawahnya. Seperti puskesmas dan klinik kesehatan.

Jenis Alat Kesehatan Pada Rumah Sakit Tipe C

Dilihat dari penjelasan tentang definisi di atas, berikut beberapa alat kesehatan rumah sakit dan fungsinya pada rumah sakit tipe C :

1.     Alat Tes Gula Darah



 
Standar alat kesehatan rumah sakit tipe C yang pertama adalah alat tes gula darah. Sebuah alat yang berfungsi untuk mengambil sampel darah yang dilengkapi dengan jarum steril dan penampungnya.

Alat ini harus ada pada rumah sakit tipe C mengingat bahwa gula darah adalah penyakit yang paling banyak diderita lansia. Dengan alat tersebut dokter bisa mengetahui kadar gula darah dan selalu memantau bagaimana kondisi dari waktu ke waktu.

Pemantauan ini bertujuan agar pasien tidak mengalami lonjakan atau penurunan secara drastis. Karena jika ini terjadi cukup membahayakan.

2.     Kursi Roda

 

Selain alat tes gula darah, bagian pengadaan alat kesehatan rumah sakit juga membeli kursi roda. Kursi roda ini akan membantu mobilitas pasien yang harus berobat tapi kesulitan untuk berjalan kaki.

Seperti pada pasien ibu-ibu yang akan melahirkan dengan kondisi kegawatan. Dengan kondisi kontraksi rahim mendekati persalinan, akan sangat kesulitan jika diminta untuk berjalan dari satu ruang ke ruangan lain. Atau pasien lain dengan cacat bawaan yang kesulitan untuk mobilitas selama berada di rumah sakit.

3.     Alat Infus dan Tiangnya




Infus adalah nutrisi dalam bentuk cairan. Diberikan pada pasien rawat inap. Biasanya pasien agak kesulitan mendapat nutrisi dari makanan atau minuman. Cairan infus inilah yang menjadi alternatif terbaik agar pasien tetap bisa mendapat asupan nutrisi melalui pembuluh darah.

Cairan infus ini dibutuhkan dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, cairan infus beserta tiangnya merupakan alat kesehatan yang wajib ada di rumah sakit tipe C. Pihak rumah sakit akan menyediakan dalam jumlah yang cukup banyak. Mengantisipasi kalau banyak pasien rawat inap yang membutuhkannya.



4.     Mesin Anastesi



Seperti namanya, mesin anastesi adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan kesadaran pasien. Ketika akan menjalani tindakan medis tertentu. Seperti oprasi pembedahan ringan. Mengingat di rumah sakit tipe C juga ada layanan spesialisasi bedah ringan.



5.     Hematology Analyzer



 
Hematology Analyzer adalah sebuah alat yang digunakan dokter untuk mengetahui berapa jumlah sel darah merah yang ada pada pasien. Dengan informasi yang diberikan oleh alat ini, dokter akan lebih mudah menganalisis penyakit apa yang diderita oleh pasien.

Itulah 5 alat kesehatan yang harus ada di rumah sakit tipe C. Selain kelima alat tersebut, memang masih banyak alat-alat lainnya. Tapi kelima alat tersebut merupakan yang paling penting dan harus ada.

Untuk bisa mendapat alat kesehatan sesuai dengan standar alat kesehatan rumah sakit tipe C, pastikan membelinya di distributor alat kesehatan rumah sakit PT Globindo Mega Pratama. Dengan tim bersertifikasi dan pengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama menyediakan produk alkes berkualitas dan dapat dikirim ke seluruh Indonesia.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis