Mengenal Alkohol Swab dan Fungsi Pentingnya Bagi Medis

126 Tinjau  | 

Mengenal Alkohol Swab dan Fungsi Pentingnya Bagi Medis

Alkohol swab adalah salah satu peralatan medis yang sangat penting. Terbuat dari kapas katun dengan tekstur basah yang dikemas satuan dalam kemasan berbahan alumunium. Tekstur basah ini karena telah direndam dengan isopropyl berkadar alkohol 70 persen.

Alcohol swabs biasanya ada saat tindakan medis berupa injeksi dilakukan. Atau tindakan lain yang berhubungan dengan keluarnya darah dari jaringan kulit. Karena alcohol swabs digunakan untuk mempercepat pembekuan darah agar darah tidak terus mengalir.

Fungsi Alkohol Swab

Bagi yang bekerja pada dunia medis, pasti tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Tapi yang tidak, mungkin masih bertanya-tanya. Alkohol swab untuk apa?

Karena banyak orang awam yang justru menggunakannya untuk membersihkan ponsel dan laptop. Agar tidak salah pakai, berikut beberapa fungsi alkohol swab untuk layanan kesehatan :

1.      Sebagai Langkah Sterilisasi Sebelum Melakukan Injeksi

Sebelum dilakukan injeksi, baik injeksi suntik infus ataupun obat, kulit perlu disterilkan terlebih dahulu. Agar tidak terjadi infeksi bakteri. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan alkohol swab.

Inilah alasan mengapa alcohol swabs adalah benda yang paling banyak ditemukan pada semua layanan kesehatan. Karena bersifat sekali pakai, alcohol swabs tidak boleh digunakan berulang. Setelah dipakai langsung dibuang.

2.      Digunakan Untuk Suntik Insulin

Penderita diabetes adalah mereka yang paling membutuhkan alcohol swabs. Karena setiap pagi mereka memerlukan suntik insulin agar gula darah tetap berada pada angka yang normal.

Sebelum melakukan suntik insulin inilah biasanya kulit akan dibersihkan terlebih dahulu dengan alcohol swabs. Agar semua bakteri yang berada di sekitar kulit bisa mati dan tidak menyebabkan infeksi.

3.      Membersihkan Sela-sela Jari Tangan

Meski bukan fungsi utamanya, ternyata alcohol swabs juga bisa digunakan sebagai pengganti handsanitizer untuk membersihkan tangan. Terutama pada sela-sela jari. Kandungan alkohol yang ada di dalamnya bisa membantu membunuh bakteri dan mensterilkan tangan. Terutama bagi petugas medis.

Tapi fungsi ini hanya sebatas fungsi darurat saja. Ketika tidak menemukan sabun antiseptik, air dan handsanitizer. Mengingat harga alcohol swabs yang tidak murah, sebaiknya gunakan sebagaimana fungsinya.

4.      Melepas Jahitan

Melepas benang jahitan sama pentingnya dengan ketika melakukan jahitan. Diperlukan alcohol swabs agar tidak terjadi infeksi pada kulit sekitar jahitan. Alcohol swabs dioles terlebih dahulu sebelum benang jahitan dilepas satu per satu.

Dimana Beli Alkohol swab?

Sama seperti peralatan medis lainnya, alcohol swabs bisa ditemukan di apotik ataupun toko alat kesehatan terdekat. Berapa Isi alkohol swab. Isi alkohol swab beragam. Biasanya satu kemasan box berisi 100. Ada pula yang berisi 50.

Selain di lapak offline, alcohol swabs bisa juga didapatkan di toko online alat kesehatan. Seperti PT Globindo Mega Pratama. Yaitu distributor alat-alat kesehatan yang menyediakan berbagai alat kesehatan untuk layanan kesehatan. Mulai dari klinik, puskesmas, rumah sakit, ataupun untuk keperluan pribadi.

Sebagai distributor penyedia alat kesehatan, PT Globindo Mega Pratama telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dapat mengirimkan berbagai keperluan alat medis ke seluruh Indonesia.

Demi menjaga kualitasnya, PT Globindo Mega Pratama juga memiliki tim yang telah bersertifikasi. Yang benar-benar memahami bagaimana keperluan mengenai produk alat kesehatan terbaik.

Semua produk yang dijual merupakan produk dengan kualitas terbaik. Termasuk juga untuk produk alkohol swab. Jual alkohol swab dengan harga terjangkau dan kualitas yang tidak diragukan lagi. Pastikan semua kebutuhan alat kesehatan anda bersama PT Globindo Mega Pratama.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis