Mengenal Apa Itu Cairan Antiseptik dan Fungsinya

206 Tinjau  | 

Mengenal Apa Itu Cairan Antiseptik dan Fungsinya

Cairan antiseptik adalah bahan yang sering ada dalam produk sabun mandi. Berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri berbahaya yang melekat pada tubuh.

Lalu apa cairan antiseptik hanya digunakan untuk membersihkan badan saja? Ternyata tidak. Antiseptik juga digunakan untuk membersihkan barang-barang dan lingkungan sekitar dengan alasan medis.

Apa Perbedaan antiseptik dan disinfektan? Secara fungsi keduanya memang sama. Hanya objeknya saja yang berbeda. Disinfektan adalah cairan pembersih kuman yang digunakan untuk benda. Bukan untuk kulit. Ini dikarenakan kandungan biosida pada disinfektan sangat tinggi. Sehingga kurang aman jika digunakan untuk kulit manusia.

Fungsi Cairan Antiseptik

Cairan antiseptik memang banyak dimanfaatkan untuk campuran sabun mandi. Namun selain itu, banyak manfaat yang bisa diambil dari antiseptik. Antara lain :

1.      Dicampur Bahan Pembersih Lantai

Lantai adalah bagian rumah yang sering digunakan untuk bersarang kuman. Jika tidak dibersihkan dengan baik, kuman-kuman tersebut bisa masuk ke tubuh manusia melalui sentuhan, saluran pernafasan maupun mulut.

Cara yang paling mudah untuk membersihkan lantai adalah mencampur antiseptik pada air untuk membersihkan lantai. Namun sekarang anda tidak perlu repot-repot membeli antiseptik sendiri. Karena banyak produk cairan pembersih lantai yang sudah dicampur antiseptik oleh produsennya.

2.      Membersihkan Pakaian dari Kuman

Selain lantai, kuman juga sering ada pada pakaian. Kuman dan bakteri yang ada di udara bisa menempel pada pakaian lalu masuk pada tubuh manusia. Jika pakaian tidak dibersihkan dengan antiseptik, kuman itu akan tetap hidup meski pakaian telah dicuci dengan deterjen.

Untuk mencegah agar kuman tidak masuk ke dalam tubuh melalui pakaian, anda bisa menambahkan antiseptik cair pada saat mencuci pakaian. Atau bisa juga membeli deterjen yang telah dilengkapi dengan antiseptik pembunuh kuman.

3.      Membersihkan Luka Ringan

Antiseptik juga sering digunakan untuk membersihkan luka. Tujuannya adalah mematikan kuman, bakteri, ataupun microorganisme berbahaya lainnya yang akan masuk ke dalam luka.

Antiseptik ini bisa digunakan baik untuk luka ringan maupun luka bakar. Seperti lecet, luka akibat gigitan serangga, ataupun luka lainnya. Biasanya diberikan sebelum dioles obat dan dibalut dengan perban.

4.      Melindungi Tubuh dari Kuman

Kuman tidak hanya ada di udara saja. Tapi juga ada di benda-benda sekitar yang sering kita pegang. Inilah alasan mengapa perlu mencuci tangan atau menyemprotkan cairan antiseptik sebelum makan atau memegang makanan.

Sebagai cara perlindungan diri dari kuman. Agar kuman yang ada di tangan mati dan tidak menempel pada makanan.

5.      Untuk Mencuci Tangan

Cara mencuci tangan yang paling baik adalah dengan menggunakan sabun dan air. Gunakan sabun cuci tangan yang mengandung antiseptik agar kuman bisa mati dengan sempurna. Kalau tidak menemukan air dan sabun cuci tangan, bisa menggunakan handsanitizer yang mengandung antiseptik.

Perlu diperhatikan bahwa antiseptik adalah cairan pembunuh kuman yang telah terbukti. Selalu perhatikan petunjuk penggunaan dan belilah antiseptik dari distributor yang jual antiseptik rumah sakit terpercaya. Salah satunya adalah PT Globindo Mega Pratama.

PT Globindo Mega Pratama adalah distributor alat kesehatan yang menjual produk alkes kualitas impor. Telah berpengalaman selama lebih dari 5 tahun dengan tim yang bersertifikasi. Melayani berbagai kebutuhan alat-alat kesehatan untuk rumah sakit, klinik, maupun puskesmas.

Selain menjual produk yang beragam dan berkualitas, PT Globindo Mega Pratama juga melakukan pengiriman alkes ke seluruh Indonesia. Termasuk untuk pembelian cairan antiseptik. Jadi tidak perlu ragu mempercayakan semua kebutuhan alat kesehatan pada PT Globindo Mega Pratama.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis