Cairan Disinfektan dan Penggunaan Yang Tepat

66 Tinjau  | 

Cairan Disinfektan dan Penggunaan Yang Tepat

Cairan disinfektan merupakan pembersih cair dari bahan berupa hidrogen peroksida, yakni alkohol yang mampu membunuh bakteri, mikroorganisme lain yang bersarang pada suatu ruangan atau permukaan benda mati.
 
Cairan disinfektan biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang paling sering disentuh orang banyak. Contohnya gagang pintu, meja, kursi, keran wastafel, lemari dan lain-lain.
Apakah cairan ampuh untuk membunuh berbagai bakteri, virus dan kuman ? Cairan disinfektan mengandung konsentrasi biosida yang tinggi.
 
Maka dari itu, disinfektan lebih efektif mencegah timbulnya mikroorganisme pada permukaan benda mati apapun, yang menjadi perantara paparan infeksi virus atau bakteri berbahaya bila dihirup atau disentuh manusia.
Apa perbedaan antiseptik dan disinfektan ? Cairan antiseptik biasanya digunakan pada bagian tubuh manusia sedangkan disinfektan untuk benda - benda mati. Secara fungsi keduanya memang sama. Hanya objeknya saja yang berbeda. Disinfektan adalah cairan pembersih kuman yang digunakan untuk benda, bukan kulit. Ini dikarenakan kandungan biosida pada disinfektan sangat tinggi.
Penggunaan Cairan Disinfektan

Hal terpenting adalah mengetahui cara aman dan efektif dalam menggunakan disinfektan untuk membersihkan sebuah permukaan dengan benar. Agar tidak keliru berikut panduan penggunaan disinfektan yang benar. Antara lain :

1.      Pakailah sarung tangan sekali pakai sebelum membersihkan dan menggunakan cairan disinfektan. Sarung tangan ini berguna untuk mencegah iritasi pada kulit.

2.      Bersihkan permukaan menggunakan sabun dan air terlebih dahulu, lalu gunakan disinfektan.

3.      Membersihkan dengan sabun dan air membantu mengurangi jumlah kuman dan kotoran (seperti debu dan lumpur) di permukaan. Penggunaan disinfektan setelahnya dapat lebih efektif membunuh kuman di permukaan.

4.      Lakukan pembersihan rutin terhadap permukaan atau objek yang sering disentuh di lingkungan keluarga. Contohnya : meja, gagang pintu, remote TV, sakelar lampu, meja dapur, telepon

5.      Setelah selessai melakukan proses disinfeksi, lepas sarung tangan dan cuci tangan dengan benar terlebih dahulu menggunakan air dan sabun minimal selama 20 detik.

Perlu diperhatikan bahwa antiseptik adalah cairan pembunuh mikroorganisme yang telah terbukti. Selalu perhatikan petunjuk penggunaan dan belilah antiseptik dari distributor yang jual disinfektan rumah sakit terpercaya. Salah satunya adalah PT Globindo Mega Pratama.
PT Globindo Mega Pratama adalah distributor alat kesehatan yang menjual produk alkes kualitas terbaik. Telah berpengalaman selama ini lebih dari 5 tahun dengan tim yang bersertifikasi. Melayani berbagai kebutuhan alat - alat kesehatan untuk rumah sakit, klinik, maupun puskesmas.
Selain menjual produk yang beragam dan berkualitas, PT Globindo Mega Pratama juga dapat mengirimkan alkes ke seluruh Indonesia termasuk untuk pembelian cairan disinfektan. Jadi tidak perlu ragu untuk mempercayakan semua kebutuhan alat kesehatan pada PT Globindo Mega Pratama.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis