Pembuatan Cairan Disinfektan Sendiri Di Rumah

64 Tinjau  | 

Pembuatan Cairan Disinfektan Sendiri Di Rumah

Sejak pandemi covid19 melanda dunia, informasi terkait cara membuat cairan desinfektan sendiri banyak diburu pembaca. Pasalnya, desinfektan merupakan barang wajib ada untuk menghindari paparan virus selain masker dan hand sanitizer.
cairan desinfektan banyak dijual di apotek atau toko obat lainnya. Sayangnya tidak semua orang mampu membeli sebab harganya yang tidak murah. Terlebih lagi bagi mereka dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah. Cairan desinfektan menjadi barang yang cukup mahal. Sehingga banyak dari masyarakat yang mencari jalan alternatif dengan mencari cara membuat desinfektan di rumah.
Cara Membuat Cairan Desinfektan Sendiri Dengan Bahan Yang Mudah Dicari
Selain membelinya di apotek atau toko obat lainnya, membuat cairan desinfektan juga bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan bahan pembersih rumah tangga. Terutama yang memiliki senyawa benzalkonium klorida atau natrium hipoklorit contohnya karbol pembersih lantai atau bahan pemutih pakaian.
Lalu bagaimana cara membuat desinfektan sendiri ? Berikut langkah - langkahnya :
·         Jika menggunakan bahan cairan pemutih

Untuk membuat cairan desinfektan dengan pemutih pakaian (sodium hipoklorit) yang dibutuhkan hanya air sebagai bahan campurannya

Pemutih pakaian tersebut dapat dilarutkan dengan air biasa dengan perbandingan 1 : 100. Konsentrasi cairan pemutih sebisa mungkin tidak terlalu tinggi

·         Jika menggunakan bahan cairan pembersih lantai

Cairan pembersih lantai memiliki bahan aktif yang lebih rendah dari cairan pemutih. Dengan demikian, dalam membuat cairan desinfektan dari cairan pembersih lantai ini danjurkan perbandingannya tidak jauh berbeda antara cairan pembersih dan air. Takarannya 10 tutup botol cairan pembersih lantai diencerkan dengan 1 liter air.
Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan cairan desinfektan

1.      Selalu cek kandungan cairan pemutih

Pada cairan pemutih atau sodium hipoklorit pada umumnya memiliki kandungan konsentrasi antara 2,5-5 persen.

2.      Jangan gunakan air panas

Saat melakukan pencampuran antara air dengan cairan pemutih pakaian tadi, jangan mencoba coba dengan air panas. Jika dicampur dengan air panas, akan emngurangi khasiat dari sodium hipoklorit tersebut.

 

 

 

3.      Buat sesuai takaran

Takaran yang dianjurkan yakni 0.05 persen. Pengenceran terhadao sodium hipoklorit 5 persen dilakukan dengan perbandingan 1 : 100. Contohnya 1 bagian bahan pemutih untuk 99 bagian air.

4.      Waktu kontak harus diperhatikan

Dianjurkan waktu kontak tidak lebih dari 10 menit Ketika menggunakan cairan disinfektan untuk menggosok permukaan tak berpori. Selain itu proses disinfeksi dengan merendam peralatan dianjurkan waktu kontak tak lebih dari 30 menit.

5.      Bersihkan dari bahan bahan organi

Sebelum menggunakan disinfektan, permukaan yang akan dibersihkan juga harus dibersihkan dari pengotor bahan -abahan organk seperti lender, muntah, feses darah atau cairan tubuh lain.
Anda tetap akan mendapatkan cairan desinfektan sesuai standar WHO dengan harga yang cukup terjangkau. Yaitu memesan langsung di distributor alat kesehatan PT Globindo Mega Pratama.

Dengan pengalamannya sebagai distributor alat kesehatan selama lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama mengerti bagaimana cara membuat cairan desinfektan dengan tepat. Lalu mendistribusikannya ke fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik dan rumah sakit.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis