Apa Bedanya Cairan Antiseptik dan Desinfektan

88 Tinjau  | 

Apa Bedanya Cairan Antiseptik dan Desinfektan

Dari segi istilah cairan yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada permukaan kulit manusia disebut cairan antiseptik. Sedangkan disinfektan adalah zat kimia yang digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman pada permukaan benda tak hidup.

Cairan antiseptik dan disinfektan sama – sama digunakan secara luas sebagai cairan pembersih baik dalam dunia Kesehatan maupun penggunaan sehari – hari. Keduanya terbuat dari bahan kimia yang dikhususkan sebagai zat pembersih dan pembunuh kuman. Dari hal tersebut, banyak orang berpikir bahwa cairan antiseptik dan disinfektan adalah cairan yang sama. Padahal, keduanya berbeda baik dari bahan pembuatnya hingga penggunaannya.

Perbedaan antiseptik dan disinfektan hanya pada objeknya saja. Antiseptik merupakan zat yang dapat menghentikan atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme. Apa cairan antiseptik aman jika mengenai permukaan kulit ? Jawabannya Ya. Penggunaan antiseptik aman pada jaringan hidup seperti permukaan kulit.

Cairan disinfektan merupakan zat kimia yang digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman pada benda tak hidup. Pada umumnya disinfektan digunakan untuk mensterilkan benda – benda dari pertumbuhan kuman dan bakteri. Disinfektan pada umumnya ditemukan padap produk pembersih lantai, dapur dan pembersih rumah tangga lainnya.

Disinfektan berfungsi sebagai cairan yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba dan tidak membahayakan bagi Kesehatan. Keduanya baik antiseptik maupun disinfektan mengandung bahan kimia yang disebut biosida. Namun antiseptik biasanya mengandung konsentrasi biosida yang lebih rendah daripada disinfektan.

Perlu diperhatikan bahwa antiseptik adalah cairan pembunuh kuman yang telah terbukti. Selalu perhatikan petunjuk penggunaan dan belilah antiseptik dari distributor yang jual antiseptik rumah sakit terpercaya. Salah satunya adalah PT Globindo Mega Pratama.

PT Globindo Mega Pratama adalah distributor alat kesehatan yang menjual produk alkes kualitas impor. Telah berpengalaman selama lebih dari 5 tahun dengan tim yang bersertifikasi. Melayani berbagai kebutuhan alat-alat kesehatan untuk rumah sakit, klinik, maupun puskesmas.

Selain menjual produk yang beragam dan berkualitas, PT Globindo Mega Pratama juga melakukan pengiriman alkes ke seluruh Indonesia. Termasuk untuk pembelian cairan antiseptik. Jadi tidak perlu ragu untuk mempercayakan semua kebutuhan alat kesehatan pada PT Globindo Mega Pratama

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis