Mengetahui Peralatan Rumah Sakit Secara Umum

63 Tinjau  | 

Mengetahui Peralatan Rumah Sakit Secara Umum

Bagi mereka yang sering mengunjungi rumah sakit untuk berbagai keperluan perawatan, pasti tidak asing dengan berbagai peralatan rumah sakit. Terutama peralatan yang digunakan untuk menangani proses penanganan pada pasien.

Mengenali Peralatan Rumah Sakit

Yang dinamakan dengan alat Kesehatan tidak sebatas peralatan yang digunakan untuk penyembuhan saja. Tapi juga digunakan untuk mendiagnosis, mencegah, dan memulihkan pasien. Lalu apa saja peralatan yang ada dirumah sakit? Berikut peralatan rumah sakit yang perlu diketahui secara umum

1.      Alat suntik

Merupakan pompa piston sederhana untuk menyuntikkan atau menghisap cairan atau gas. Alat suntik terdiri dari tabung dengan piston di dalamnya yang keluar dari ujung belakang. Adapun ujung depannya dapat dilengkapi dengan jarum hipodermik atau selang untuk membantu mengarahkan aliran ke dalam atau keluar tabung. Alat suntik beserta jarum umumnya dijual dalam satu paket.

2.      Stetoskop

Salah satu peralatan medis yang cukup penting dan sering dijumpai pada tenaga Kesehatan. Stetoskop ini merupakan alat medis yang berfungsi untuk mendengar suara detak jantung. Tidak hanya detak jantung saja, tetapi juga untuk mendengarkan organ lain yang berada di dalam tubuh. Selain untuk mendengar suara – suara di dalam tubuh, tenaga medis juga akan menggunakan stetoskop untuk mendengar apakah terdapat sesuatu tidak normal dari suara di dalam tubuh. Dengan begitu diagnosis suara di dalam tubuh terdengar melalui alat medis ini.

3.      Ranjang / tempat tidur

Sama seperti tempat tidur standar pada umumnya, tempat tidur pasien atau ranjang dirancang khusus agar pasien merasa nyaman selama masa perawatan baik di rumah sakit atau di rumah. Ranjang ini sering dijumpai di klinik ataupun di rumah sakit.

4.      Pasien Monitor

Peralatan rumah sakit lain yang sering terlihat di ruang perawatan adalah pasien monitor. Terutama di ruangan ICU. Terletak di samping tempat tidur pasien. Berfungsi untuk memantau keadaan pasien dengan kondisi yang tidak stabil dan perlu penanganan khusus.

Pasien monitor ini selalu menyajikan informasi secara real time tentang keadaan pasien. Seperti detak jantung, kadar oksigen pada paru-paru, suhu tubuh, dan lain sebagainya. Dari informasi inilah tenaga medis bisa melakukan tindakan secepatnya jika mendapati pasien dalam keadaan perlu pertolongan segera.

Masih banyak peralatan medis lain yang wajib ada di rumah sakit dengan standar kementrian kesehatan dan WHO.

Agar tidak salah pilih pastikan membeli peralatan rumah sakit di distributor alat kesehatan PT Globindo Mega Pratama. Dengan berbekal pengalaman di bidang alat kesehatan selama lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama mampu menyediakan berbagai alat medis kualitas terbaik dan dapat dikirim ke seluruh wilayah Indonesia

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis