Mengenal Kassa Steril dan Fungsinya Di Dunia Kesehatan

518 Tinjau  | 

Mengenal Kassa Steril dan Fungsinya Di Dunia Kesehatan

Kassa steril bukan lagi alat medis yang asing. Biasa digunakan untuk membalut luka. Atau keperluan lain di layanan Kesehatan. Tidak hanya di klinik, puskesmas, dan rumah sakit saja. Tapi kain kassa juga banyak disediakan di rumah. Sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan.

Apa itu kassa steril ? Yaitu kain yang diproduksi sedemikian rupa untuk membalut luka, pusar bayi, khitan, atau luka lain-lainnya. Disebut steril karena telah disterilkan dengan sinar iradiasi gamma agar tidak ada lagi sisa bahan kimia pada kassa tersebut.

 

Fungsi kassa steril

Kain kassa steril memiliki banyak fungsi. Terutama untuk membalut luka atau jaringan kulit yang rusak akibat kebakaran. Berikut fungsi kain kassa yang paling digunakan. Antara lain :

·         Membalut luka

Fungsi kain kassa yang pertama adalah membalut luka. Luka yang dibiarkan terbuka akan lebih rentan terkena infeksi. Karena bakteri akan lebih mudah masuk dan berkembangbiak pada kulit dengan luka yang terbuka.

·         Mengatasi pendarahan

Selain membalut luka, kassa steril juga bisa digunakan untuk mengatasi pendarahan. Jaringan kulit yang rusak karena terluka bisa mengeluarkan banyak darah. Perlu perawatan secepatnya agar darah tidak terlalu banyak keluar. Kassa steril bisa membantu menghentikan pendarahan, lalu dibubuhkan obat untuk menutup luka dan mengembalikan jaringan kulit yang rusak karena luka tersebut.

Masih banyak fungsi lain dari kassa steril. Penjelasan diatas merupakan fungsi umum dari kassa steril yang perlu diketahui oleh masyarakat bahwa penting untuk menutup luka pada kulit agar tidak terjadinya infeksi pada kulit yang bisa saja berakibat fatal bahkan bisa dilakukan tindakan operasi.

Demikian fungsi kain kassa dan bagaimana tips menggunakannya. Untuk bisa mendapat kassa steril, pastikan membelinya di PT Globindo Mega Pratama. Distributor kassa steril dan alat kesehatan yang telah berpengalaman selama lebih dari 5 tahun. Menjual berbagai alat kesehatan kualitas terbaik dengan pengiriman ke seluruh Indonesia.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis