Perlukah Kita Sedia Alat Medis Dirumah ?

53 Tinjau  | 

Perlukah Kita Sedia Alat Medis Dirumah ?

Secara sederhana, yang dinamakan dengan alat medis adalah semua instrument yang diperlukan untuk pelayanan kesehatan. Tidak hanya untuk penyembuhan penyakit saja. Tapi juga untuk pencegahan, diagnosis, perawatan, hingga penelitian. Termasuk juga alat-alat medis di ruang operasi.

Selama pandemi Covid19, menjaga sekaligus memantau Kesehatan termasuk hal penting yang pantang diabaikan. Selain periksa Kesehatan secara berkala di layanan Kesehatan, setiap keluarga juga disarankan memiliki alat medis mandiri untuk memantau kondisi fisik. Terlebih bagi keluarga yang memiliki anggota dengan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan masalah pernapasan.

Dengan dukungan alat medis di rumah, kita bisa mencegah masalah Kesehatan yang tidak terdeteksi. Selain itu, laporan pemantauan dari alat Kesehatan mandiri di rumah bisa memberikan gambaran kondisi Kesehatan ketika konsultasi ke dokter

Berikut beberapa alat medis yang perlu dimiliki di rumah dan fungsinya terutama saat pandemi Covid19 :

1.      Tensimeter untuk mengukur tekanan darah

Alat medis yang satu ini berfungsi untuk mengukur tekanan darah dan sangat penting untuk mengetahui kadar tensi. Terutama bagi penderita hipertensi, tekanan darah rendah, penyakit jantung atau stroke.

2.      Pulse oximeter untuk mengetahui kadar oksigen

Pulse oximeter adalah alat untuk mengecek kadar saturasi oksigen di dalam darah. Alat ini penting di masa pandemi Covid19 karena bisa mengukur tingkat oksigen dalam darah dan detak jantung. Selain untuk berjaga di saat pandemi virus corona, pulse oximeter juga merupakan alat Kesehatan mandiri penting untuk penderita asma, penyakit paru obstruktif kronik dan gangguan pernapasan lainnya. Kadar oksigen normal dalam darah besarnya antara 95-100 persen. Waspada jika kadar oksigen kurang dari 92 persen.

3.      Glukometer untuk cek gula darah

Alat cek gula darah atau glukometer penting untuk memantau naik atau turunnya kadar gula darah. Terutama bagi penderita diabetes, obesitas dan penyakit kronis.

4.      Termometer untuk mengatur suhu tubuh

Termometer adalah alat Kesehatan wajib yang perlu dimiliki di setiap rumah tangga. Fungsi alat ini untuk memantau suhu tubuh apakah seseorang dalam kondisi demam atau tidak. Termometer menjadi alat yang penting di masa pandemi, pasalnya demam merupakan salah satu gejala dari infeksi virus corona.

Berikut merupakan penjelasan tentang alat-alat medis yang perlu dimiliki dirumah terlebih lagi kondisi pandemi seperti sekarang ini. Peralatan medis diatas sangat mudah dijumpai di toko alat medis terdekat ataupun pesan secara online.

Lalu dimana kita bisa mendapatkan alat Kesehatan seperti diatas ? PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat kesehatan menyediakan alat kesehatan diatas. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama dibantu tim profesional mampu melayani dengan optimal.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis