Mengenal Pulse Oximeter, Alat Pengukur Saturasi Oksigen

45 Tinjau  | 

Mengenal Pulse Oximeter, Alat Pengukur Saturasi Oksigen

Pulse oximeter adalah sebuah alat berbentuk klip yang berfungsi untuk memperkirakan saturasi oksigen darah dan denyut nadi menggunakan sinar. Saturasi oksigen adalah informasi mengenai berapa jumlah oksigen yang ada dalam darah. Pulse oximeter memungkinkan anda untuk mendapatkan informasi tersebut tanpa prosedur pengambilan darah. Pulse oximeter menjadi alat yang populer di masyarakat semenjak pandemi covid19 berlangsung. Oximeter menjadi alat yang wajib dimiliki semua orang khususnya pasien isolasi mandiri.

Ada dua kategori pulse oximeter, berikut penjelasannya :
·         Oximeter resep, artinya alat ini hanya tersedia dengan resep dokter. Oximeter kategori ini paling sering digunakan di rumah sakit atau klinik Kesehatan, tetapi bisa juga diresepkan untuk digunakan di rumah.

·         Oximeter yang dijual bebas di toko online shop. Oximeter jenis ini juga tersedia di beberapa ponsel pintar. Namun, alat ini tidak diizinkan untuk tujuan medis
Setelah mengetahui apa itu pulse oximeter dan kategorinya, perlu diketahui pula siapa yang membutuhkan oximeter. Penggunaan oximeter mungkin dibutuhkan Ketika seseorang tidak memiliki cukup oksigen di dalam darah. Informasi dalam oximeter mungkin dibutuhkan dalam berbagai situasi, seperti :
·         Saat atau setelah prosedur operasi
·         Memantau seberapa baik obat untuk penyakit paru – paru bekerja
·         Melihat apakah ventilator diperlukan untuk membantu pernapasan dan melihat apakah alat itu bekerja dengan baik
·         Memeriksa apakah seseorang memiliki masalah saat tidur

Pulse oximeter adalah alat yang juga dibutuhkan untuk memantau Kesehatan seseorang dengan kondisi apapun yang memengaruhi kadar oksigen dalam tubuh, termasuk :
·         Serangan jantung
·         Gagal jantung
·         Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
·         Anemia, hingga
·         Kanker paru-paru
Pentingnya Memiliki Oximeter Saat Isolasi Mandiri

Kadar saturasi oksigen darah hanya bisa ditentukan melalui dua cara, yaitu dengan alat oximeter dan pemeriksaan penunjang berupa analisa gas darah. Sayangnya, pemeriksaan penunjang tersebut tidak praktis dan hanya bisa dilakukan di laboratorium klinik atau rumah sakit. Oleh karena itu, WHO menghimbau agar pasien Covid19 yang sedang dalam menjalani isolasi mandiri untuk memiliki oximeter.Tapi jika anda membutuhkan pulse oximeter, pastikan membelinya dari PT Globindo Mega Pratama. Distributor alat kesehatan yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan tim yang profesional. Menyediakan berbagai produk alat kesehatan dengan pengiriman ke seluruh Indonesia.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis