Mengetahui Tensimeter dan Tips Memilih Untuk di Rumah

97 Tinjau  | 

Mengetahui Tensimeter dan Tips Memilih Untuk di Rumah

Apa itu tensimeter ? Bagi yang bekerja di bidang kesehatan pasti tidak asing dengan alat tensimeter ini. Namun bagi sebagian masyarakat masih banyak yang belum paham mengenai alat ini. Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk  mengukur tekanan darah. Dengan mengetahui berapa tekanan darah kita, kita dapat menilai apakah tekanan darah / tensi darah kita normal atau tidak. Tensi darah normal manusia dewasa adalah 100-130 mmHg untuk tekanan sistolik dan untuk tekanan diastolik 60-90 mmHg. Tekanan sistolik adalah tekanan darah pada saaat terjadi kontraksi otot jantung. Tekanan diastolic adalah tekanan darah saat jantung sedang relaksasi. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi jika tekanan darah/ tensi darahnya diatas 140/90 mmHG.

 

Macam – macam Tensimeter

Pengukuran tekanan darah dengan cara konvensional atau manual tentu bisa melalui ujung ruas ibu jari, telunjuk, tengah atau manis dengan meletakkan di bagian titik nadi seperti leher dan tangan. Untuk mempermudah khalayak umum melakukan monitoring tekanan darah, maka produsen Kesehatan melansir sebuah alat yang dinamakan tensimeter. Terdapat macam – macam tensimetr yang ada saat ini. Antara lain :

1.      Tensimeter air raksa

Merupakan jenis alat ukur tekanan darah konvensional yang sudah jarang digunakan oleh rumah sakit di luar negeri, alasan utamanya adalah sisi keamanan, karena terdapat air raksa sebagai pengukur tekanandarah maka jika pelindungnya pecah akan berakibat buruk bahkan di beberapa bagian tubuh bisa berakibat fatal. Meski begitu keunggulan tensimeter air raksa memiliki tingkat akurasi yang baik karena system kerjanya menggunakan dua alat yakni tensimeter dan stetoskop untuk mendengar munculnya bunyi suara tekanan sistolik dan diastolik pada jantung.

2.      Tensimeter aneroid

Tensimeter jenis ini lebih aman, alat ukur tekanan darah aneroid ini tidak menggunakan air raksa tetapi diganti dengan menggunakan jarum mekanik yang akan bekerja Ketika tekanan udara yang melingkar pada lengan lewat bahan kain sintetis anti bocor ini. Prinsip kerja tensimeter aneroid ini adalah lebih aman karena menggunakan putaran berangka sebagai penggantinya bukan air raksa

3.      Tensimeter digital

Tensimeter digital dipercaya lebih akurat, praktis dan modern. Tetapi penggunaan tensimeter digital ini dikhususkan untuk membantu yang terdapat masalah pada pendengaran, karena jika mengalami masalah tersebut tidak bisa menggunakan tensimeter aneroid atau air raksa. Mesin digital ini memiliki cara kerja sama, tetapi dikonversi secara digital dengan bantuan batu baterai sebaga daya.

Panduan Memilih Tensimeter

Sebelum memutuskan untuk membeli tensimeter, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tensimeter yang tepat, yaitu :

·         Menentukan jenis tensimeter

Beragam jenis dan model tensimeter dijual bebas di toko alat Kesehatan, apotek, bahkan toko online. Ada tensimeter yang digunakan secara manual, ada pula tensimeter digital. Tensimeter manual terdiri dari meteran penunjuk tekanan darah, balon pompa, serta selang yang terhubung dengan manset. Menggunakan tensimeter manual cukup sulit dilakukan oleh orang awam. Oleh karena itu, tensimeter jenis ini sebaiknya dipilih jika di rumah ada tenaga medis atau orang yang bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah.

·         Cari ukuran manset yang sesuai

Kesalahan umum dalam mengukur tekanan darah adalah ukuran manset yang tidak sesuai dengan lingkar lengan pasie. Jika ukuran manset tidak pas, baik kekecilan atau kebesaran, hasil pengukuran bisa tidak tepat. Manset yang terlalu kecil atau terlalu ketat di lengan akan membuat pengukuran tekanan darah jadi lebih tinggi.

·         Pilih alat dengan harga terjangkau

Harga tensimeter dijual di pasaran berbeda – beda, tergantung merek dan fiturnya. Beberapa tensimeter yang lebih mahal biasanya menyertakan fitur tambahan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pasien. Jadi, pilihlah tensimeter yang sesuai dengan anggaran serta fitur tambahan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pasien.

Itulah merupakan tips memilih tensimeter untuk digunakan dirumah dan macam – macam varian tensimeter. Mulai dari yang digital dan yang menggunakan air raksa. PT Globindo Mega Pratama distributor alat Kesehatan menyediakan berbagai alat Kesehatan kualitas impor termasuk tensimeter dengan harga tensimeter digital yang terjangkau dan tidak diragukan lagi kualitasnya. Dibantu tim profesional, PT Globindo Mega Pratama berpengalaman lebih dari 5 tahun.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis