Mengenal Apa Itu Termometer dan KelebihanTermometer Digital

58 Tinjau  | 

Mengenal Apa Itu Termometer dan KelebihanTermometer Digital

Termometer adalah alat Kesehatan yang digunakan untuk mengukur suhu ataupun alat yang digunakan untuk menyatakan derajat dingin atau panas suatu benda.alat ini memanfaatkan termometrik dari zat, yaitu perubahan dari sifat – sifat zat yang disebabkan karena perubahan suhu dari zat tersebut.

Zat cair termometrik yaitu zat yang mudah mengalami suatu perubahan fisik ketika dipanaskan maupun didinginkan, misalnya alkohol dan air raksa. Pada dasarnya, termometer dapat didefinisikan sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengukur suhu atau temperature maupun perubahan suhu.

Kata termometer berasal dari Bahasa latin yaitu termos yang artinya panas dan meter yang artinya untuk mengukur.

Jenis Termometer

Ada berbagai dan bermacam – macam jenis dari termometer. Berikut penjelasannya, antara lain :

1.      Termometer oral dan rektal

Fungsi termometer berdasarkan jenis, dari termometer oral atau rektal konvensional. Terdiri dari tabung kaca tertutup yang berisi cairan seperti merkuri. Ketika suhu naik atau turun, merkuri mengembang atau menyusut, menyebabkannya naik atau turun.

2.      Termometer Digital

Termometer juga tersedia dalam bentuk tampilan digital. Termometer digital juga memudahkan pembacaan suhu. Bunyi ‘bip’ untuk memberi sinyal kapan waktunya untuk menarik termometer dan tabung fleksibel untuk menahan kerusakan.

3.      Termometer Cair

Cara kerjanya sama dengan thermometer oral dan rektal. Merkuri menjadi salah satu bahan paling familiar yang digunakan. Cairan lainnya, seperti minyak tanah atau etanol, juga bisa digunakan dalam termometer jenis ini.

4.      Termometer telinga

Jenis selanjutnya ialah termometer telinga atau lebih tepatnya termometer gendang telinga. Mengukur suhu dengan membaca radiasi infra merah yang berasal dari jaringan gendang telinga.

Banyak toko online, apotek bahkan toko alat Kesehatan yang menjual termometer digital. Termometer digital banyak dicari karena penggunaannya yang mudah dan dinilai lebih akurat di banding termometer yang lain. Kelebihan termometer digital dilengkapi dengan hasil yang lebih cepat dibanding termometer air raksa. Termometer air raksa membutuhkan waktu 3 hingga 5 menit untuk mengetahui hasilnya. Sedangkan termometer digital hanya membutuhkan waktu 1 menit saja.

Tertarik ingin membeli termometer digital ? Mudah saja. Anda bisa langsung menghubungi PT Globindo Mega Pratama untuk mendapatkan harga termometer digital yang sangat terjangkau.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis