Mengenal CSSD, Bagaimana Instalasi Pusat Sterilisasi ?

44 Tinjau  | 

Mengenal CSSD, Bagaimana Instalasi Pusat Sterilisasi ?

Konsep dan peranan CSSD (Central Sterile Supply Department) telah berkembang dari hanya suatu departemen di rumah sakit menjadi coordinator dari suatu sistem kerja supply alat – alat steril, hal ini dapat dianalogikan seperti suatu unit autoclave untuk sterilisasi menjadi system infection control di rumah sakit.

Sterilisasi merupakan proses penghilangan semua jeni organisme hidup, dalam hal ini adalah mikroorganisme (protozoa, fungi, bakteri, mycoplasma dan virus) yang terdapat dalam suatu benda. Proses ini melibatkan aplikasi biocidal agent atau proses fisik untuk membunuh atau menghilangkan mikroorganisme. Sterilisasi ini bertujuan untuk menjamin sterilitas produk maupun karakteristik kualitas sediaannya, termasuk kestabilan yang dimiliki oleh produk yang dihasilkan. Agen kimi untuk sterilisasi disebut sterilant.

Salah satu indikator keberhasilan CSSD dalam pelayanan rumah sakit yang merupakan institusi penyedia pelayanan Kesehatan adalah rendahnya angka infeksi nosocomial di rumah sakit. Dalam upaya mencapai keberhasilan tersebut maka perlu dilakukan pengendalian infeksi di rumah sakit. Pusat sterilisasi merupakan salah satu mata rantai yang penting untuk pengendalian infeksi di rumah sakit. Pusat sterilisasi merupakan salah satu mata rantai yang penting untuk pengendalian infeksi dan berperan dalam upaya menekan kejadian infeksi.

CSSD (Central Sterilization Supply Department) atau instalasi pusat pelayanan sterilisasi merupakan satu unit/departemen dari rumah sakit yang menyelenggarakan proses pencucian, pengemasan, sterilisasi terhadap semua alat atau bahan yang dibutuhkan dalam kondisi steril. Instalasi CSSD merupakan pusat pelayanan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan/ alat steril bagi unit – unit yang membutuhkan sehingga dapat mencegah dan mengurangi infeksi yang berasal dari rumah sakit itu sendiri.

Berbagai fasilitas pada CSSD

Kemajuan teknologi sangat mendukung terciptanya berbagai fasilitas untuk proses sterilisasi rumah sakit yang modern. Lalu apa saja fasilitas CSSD, berikut fasilitas yang digunakan :

1.      Alat sterilisasi Suhu Rendah Plasma

2.      Alat sterilisasi suhu rendah Etilen Oxide (EO)

3.      Alat sterilisasi suhu tinggi/steam

4.      Washer disenfektor

5.      Ultra sonic Cleaner

6.      Drying Cabinet

7.      Eye washer

8.      Sealer

9.      Alat pemotong pouces

10.  Auto reader 490

11.  Auto reader 390

12.  Auto reader Etilen Oxide (EO)

13.  Inkubator plasma

14.  Alat tekanan positif

15.  Mesin RO

16.  Medicindo magnifying lamp

Biasanya masing – masing rumah sakit berbeda – beda mengenai fasilitas CSSD. Tetapi banyak juga sebagian rumah sakit yang menggunakan fasilitas seperti yang disebutkan diatas. PT Globindo Mega Pratama adalah distributor alat Kesehatan terlengkap dengan kualitas terbaik. Dilengkapi dengan tim ahli bersertifikasi, PT Globindo Mega Pratama mampu menyediakan berbagai alat-alat Kesehatan dan jual alat sterilisasi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis