Definisi CSSD, Keuntungan Adanya Pusat Sterilisasi

97 Tinjau  | 

Definisi CSSD, Keuntungan Adanya Pusat Sterilisasi

Jika ditanya apa itu fasilitas CSSD dan seberapa pentingnya CSSD untuk rumah sakit ? Sangat penting. CSSD berperan sebagai instalasi penunjang yang bertanggung jawab penuh menyediakan dan melakukan pelayanan sterilisasi seluruh alat medis yang digunakan pada tindakan operasi, tindakan perawatan gawat darurat, tindakan perawatan intensif, dan tindakan medis lainnya.

Konsep dan peranan CSSD (Central Sterile Supply Department) telah berkembang dari hanya suatu departemen di rumah sakit menjadi koodinator suatu system kerja supply alat – alat steril. Penanggung jawab CSSD ini adalah seorang apoteker. Berdirinya CSSD di rumah sakit dilatar belakangi oleh :

·         Besarnya angka kematian akibat infeksi nosokomial

·         Kuman mudah menyebar, mengkontaminasi benda dan menginfeksi manusia di lingkungan rumah sakit

·         Merupakan salah satu pendukung jaminan mutu pelayanan rumah sakit, maka peran dan fungsi CSSD sangat penting

 

Peran Pusat Sterilisasi di Rumah Sakit

Secara umum fungsi utama pusat sterilisasi yaitu menyiapkan alat – alat bersih dan steril untuk keperluan perawatan pasien di rumah sakit. Secara lebih rinci fungsi dan steril untuk pusat sterilisasi adalah menerima, memproses, memproduksi, mensterilkan, menyimpan serta mendistribusikan peralatan medis ke berbagai ruangan di rumah sakit untuk kepentingan perawatan medis.

Berbagai fasilitas pada CSSD

Kemajuan teknologi sangat mendukung terciptanya berbagai fasilitas untuk proses sterilisasi rumah sakit yang modern. Lalu apa saja fasilitas CSSD, berikut fasilitas yang digunakan :

1.      Alat sterilisasi Suhu Rendah Plasma

2.      Alat sterilisasi suhu rendah Etilen Oxide (EO)

3.      Alat sterilisasi suhu tinggi/steam

4.      Washer disenfektor

5.      Ultra sonic Cleaner

6.      Drying Cabinet

7.      Eye washer

8.      Sealer

9.      Alat pemotong pouces

10.  Auto reader 490

11.  Auto reader 390

12.  Auto reader Etilen Oxide (EO)

13.  Inkubator plasma

14.  Alat tekanan positif

15.  Mesin RO

16.  Medicindo magnifying lamp

 

Keuntungan Central Sterilization Supply Department (CSSD)

Central Sterilization Supply Department (CSSD) sebagai pusat sterilsiasi mempunyai beberapa keuntungan, yaitu :

 

1.      Dapat mempertahankan mutu sterilisasi

Jaminan mutu sterilisasi tidak cukup hanya sekedar dengan adanya autoclave (mesin sterilitator), artinya hanya pada proses sterilisasi saja, akan tetapi harus mencakup sarana/prasarana/fasilitas/bahan/alat, sumber daya manusia, prosedur mulai dari proses awal penanganan alat-alat kotor, pengeringan, packing dan labelling, sterilisasi penyimpanan alat steril dan pendistribusian sampai alat akan digunakan serta pendokumentasian semau tahap kegiatan tersebut dan cara -cara evaluasi serta monitoringnya.

 

2.      Efisiensi alat dan bahan

Dengan adanya CSSD alat sterilisasi cukup disediakan di sentral artinya tidak perlu di setiap tempat yang jumlahnya mencapai puluhan tempat harus memiliki alat sterilisasi masing – masing. Dengan disentralkannya alat yang telah steril akan memudahkan dilakukan pengendalian stok untuk kebutuhan penggunaan rumah sakit.

Biasanya masing – masing rumah sakit berbeda – beda mengenai fasilitas CSSD. Tetapi banyak juga sebagian rumah sakit yang menggunakan fasilitas seperti yang disebutkan diatas. PT Globindo Mega Pratama adalah distributor alat Kesehatan terlengkap dengan kualitas terbaik.  Dilengkapi dengan tim yang profesional, PT Globindo Mega Pratama mampu menyediakan berbagai alat-alat Kesehatan dan jual alat sterilisasi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis