Definisi CSSD, Mengenal Uraian Tugas dan Kualifikasi

56 Tinjau  | 

Definisi CSSD, Mengenal Uraian Tugas dan Kualifikasi

Istilah untuk pusat sterilisasi bervariasi, mulai dari Central Sterile Supply Department (CSSD), Central Service (CS), Central Supply (CS), Central Processing Department (CSD) dan lain - lain, namun kesemuanya mempunyai fungsi utama yang sama yaitu menyiapkan alat - alat steril dan bersih untuk kebutuhan perawatan pasien.

Konsep dan peranan CSSD telah berkembang dari hanya suatu departemen di rumah sakit menjadi koordinator dari suatu system kerja supply dan alat - alat steril, hal ini dapat dianalogikan seperti suatu unit autoclave untuk sterilisasi menjadi system infection control di rumah sakit. Secara ideal CSSD adalah suatu departemen independent dengan fasilitas untuk menerima, mendesinfeksi, mengemas, mensteril, menyimpan dan mendistribusikan. Jika ditanya apa itu fasilitas CSSD dan seberapa pentingnya tentu sangat penting.
Berbagai fasilitas pada CSSD

Kemajuan teknologi sangat mendukung terciptanya berbagai fasilitas untuk proses sterilisasi rumah sakit yang modern. Lalu apa saja fasilitas CSSD, berikut fasilitas yang digunakan :

1.      Alat sterilisasi Suhu Rendah Plasma

2.      Alat sterilisasi suhu rendah Etilen Oxide (EO)

3.      Alat sterilisasi suhu tinggi/steam

4.      Washer disenfektor

5.      Ultra sonic Cleaner

6.      Drying Cabinet

7.      Eye washer

8.      Sealer

9.      Alat pemotong pouces

10.  Auto reader 490

11.  Auto reader 390

12.  Auto reader Etilen Oxide (EO)

13.  Inkubator plasma

14.  Alat tekanan positif

15.  Mesin RO

16.  Medicindo magnifying lamp

Uraian Tugas dan Kualifikasi Tenaga

Kualifikasi tenaga yang bekerja di Pusat Sterilisasi dapat dibedakan sesuai dengan kapasitas tugas dan tanggungjawabnya, yang dibagi atas tenaga manajer dan teknis pelayanan sterilisasi.

A.      Kepala Instalasi Pusat Sterilisasi

Uraian tugas Kepala Instalasi Pusat Sterilisasi yaitu :

·         Selalu memberi pengarahan terhadap semua aktivitas staf yang berkaitan dengan supply alat medis yang steril bagi perawatan pasien di rumah sakit.

·         Selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengembangan diri atau personel lainnya.

·         Harus menggunakan metode yang lebih efektif bagi penyiapan dan penanganan alat atau bahan yang steril

·         Harus selalu memastikan bahwa teknik aseptik yang diterapkan pada saat penyiapan dan penanganan alat steril baik yang hanya sekali pakai maupun alat yang dapat dipakai ulang.

·         Melakukan kerja sama dengan unit lain dirumah sakit dan melakukan koordinasi yang bersifat intern ataupun ekstern.

 

B.      Penanggung Jawab Administrasi

Uraian tugas Penanggung Jawab Administrasi :

·         Harus dapat bertanggung jawab terhadap kepala instalasi

·         Harus dapat membantu kepala instansi dalam penyusunan suatu perencanaan yang berdasarkan masukan dari kepala sub instalasi

·         Melakukan rekapitulasi laporan kegiatan masing – masing sub instalasi

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dilengkapi tim yang profesional siap melayani berbagai rumah sakit dan klinik dalam hal pengadaan alat – alat sterilisasi di pusat sterilisasi atau CSSD. Tidak hanya itu, PT Globindo Mega Pratama juga jual alat sterilisasi. Masih bingung mau mencari dimana ? PT Globindo Mega Pratama solusinya

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis