Mengenal Tensimeter dan Manfaat Dari Rutin Cek Tekanan Darah

75 Tinjau  | 

Mengenal Tensimeter dan Manfaat Dari Rutin Cek Tekanan Darah

Apa itu tensimeter ? Tensimeter adalah instrument fisika yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Tekanan darah terukur adalah tekanan relatif antara tekanan di dalam pembuluh darah dibandingkan dengan tekanan udara luar atau atmosfer. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu dari penyebab kematian tertinggi di dunia. Diperkirakan terdapat 1,13 miliar orang yang menderita kondisi ini. Bahkan, hanya 1 dari 5 penderita hipertensi yang dapat mengatasi serta menjaga tekanan darah normal. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mulai rutin melakukan pengecekan tekanan.

Manfaat Rutin Cek Tensi Sejak Dini

Memantau tekanan darah dengan mandiri dapat membantu evaluasi dokter Ketika sedang memeriksa Kesehatan. Hal ini sangat penting dilakukan bagi orang dengan faktor risiko hipertensi yang cukup besar. Seseorang berpeluang mengidap hipertensi apabila :

·         Berusia diatas 65 tahun

·         Berat badan berlebihan

·         Riwayat hipertensi keluarga

·         Pola makan tidak sehat, seperti tinggi garam dan jarang makan buah serta sayuran

·         Gaya hidup tidak sehat

Dengan mengetahui tekanan darah di luar tempat praktik, dokter dapat membuat rencana perawatan yang lebih baik untuk Kesehatan Anda.

Cek tensi darah juga bagian dari rencana perawatan yang sudah dibuat. Angka tekanan darah anda dapat menjadi petunjuk apakah perubahan gaya hidup membantu mengatasi masalah tekanan darah. Tak hanya itu, dokter juga dapat menilai apakah obat-obatan yang Anda konsumsi bekerja sesuai harapan.

Hal yang penting diketahui sebelum cek tekanan darah

Tekanan darah menunjukkan seberapa keras jantung Anda bekerja Ketika memompa darah melalui pembuluh arteri. Tekanan darah adalah salah satu tanda vital dalam tubuh, selain suhu tubuh, denyut jantung dan pernapasan. Cek tekanan darah biasanya dilakukan pada saat – saat tertentu. Biasanya, dokter yang akan merekomendasikan waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan, misalnya setelah Anda minum obat atau Ketika Anda merasakan gejala hipertensi seperti pusing.

Alat tensimeter dibagi menjadi beberapa dan salah satunya tensimeter digital. Tensimeter digital sekarang memudahkan bagi tenaga medis untuk mengukur tekanan darah pasien. Tak hanya itu, tensimeter digital pun digunakan pada rumah tangga. Harga tensimeter digital umumnya lebih mahal dibanding dengan yang biasanya, dikarenakan tensimeter digital memudahkan penggunaan dengan fitur – fitur yang ditampilkan.

PT Globindo Mega Pratama distributor alat Kesehatan yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Menyediakan berbagai alat Kesehatan berkualitas dan tim yang terlatih serta profesional. Jika anda memerlukan tensimeter digital, PT Globindo Mega Pratama menyediakan barangnya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis