Mengenal Berbagai Sarung Tangan Medis. Simak Manfaatnya

86 Tinjau  | 

Mengenal Berbagai Sarung Tangan Medis. Simak Manfaatnya

Handscoon atau sarung tangan adalah salah satu jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang biasanya digunakan oleh tenaga medis di fasilitas layanan Kesehatan. Penggunaan sarung tangan medis oleh tenaga medis berfungsi untuk menghindari penularan penyakit dari pasien. Penularan penyakit dari pasien bisa saja terjadi melalui droplet, sehingga penggunaan APD bagi tenaga medis bisa dikatakan wajib. Salah satunya adalah dengan menggunakan sarung tangan. Sarung tangan umumnya juga digunakan saat tenaga medis melakukan tindakan operasi.

Manfaat Sarung Tangan

Bagi tenaga medis di fasilitas layanan Kesehatan, sarung tangan berfungsi untuk mengurangi adanya risiko infeksi bacterial dari pasien ke tenaga medis maupun sebaliknya. Penggunaan sarung tangan medis juga berguna untuk menghindari adanya penularan flora kulit kepada pasien maupun kepada petugas. Sarung tangan juga berfungsi untuk mengurangi adanya kontaminasi tangan dari tenaga medis dengan mikroorganisme yang bisa saja berpindah dari satu pasien ke pasien lainnya. Biasanya sarung tangan digunakan saat melakukan aktifitas yang memerlukan sterilisasi ataupun kebersihan dalam bidang Kesehatan.

Jenis – jenis Sarung Tangan

Ada dua jenis sarung tangan yang digunakan oleh tenaga medis di fasilitas layanan Kesehatan. Yakni sarung tangan steril dan non steril. Lantas apa bedanya sarung tangan steril dan non steril ? Simak penjelasannya.

1)      Sarung tangan steril

Sarung tangan steril adalah sarung tangan yang biasanya digunakan oleh tenaga medis seperti dokter dan perawat saat melakukan tindakan invasif seperti operasi. Sarung tangan steril ini biasanya juga digunakan untuk perlindungan tingkat tinggi kepada tenaga medis serta pasien dari risiko infeksi. Contohnya adalah pada penanganan luka parah atau luka terbuka serta pemasangan kateter pada pasien. Sarung tangan steril biasanya terbuat dari bahan latex karet alami.

2)      Sarung tangan non steril

Sarung tangan non steril biasanya digunakan oleh tenaga medis saat melakukan pemeriksaan fisik kepada pasien. Selain itu, sarung tangan non steril juga digunakan untuk memegang alat keseahtan, atau bisa juga digunakan Ketika membersihkan alat Kesehatan yang digunakan. Sarung tangan non steril biasanya terbuat dari bahan latex, vinil dan nitril

Penting bagi tenaga medis untuk memakai sarung tangan medis. Sarung tangan mencegah kontak kulit tangan dengan darah, cairan tubuh, droplet, jaringan tubuh, dan benda – benda yang terkontaminasi patogen. Sarung tangan sebaiknya digunakan sekali pakai. Panjang sarung tangan sebaiknya melewati pergelangan tangan dan ukurannya sesuai sehingga lengan baju pelindung dapat dimasukkan ke dalamnya.

PT Globindo Mega Pratama sebagai salah satu distributor alat kesehatan yang juga menjadi distributor sarung tangan medis telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dipercaya di berbagai rumah sakit sebagai supplier. Dengan tim yang profesional, PT Globindo Mega Pratama mampu melayani dengan solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis