Mengenal Sarung Tangan Non Steril, Perbedaan Sarung Tangan

57 Tinjau  | 

Mengenal Sarung Tangan Non Steril, Perbedaan Sarung Tangan

Sarung tangan medis adalah salah satu jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang biasanya digunakan oleh tenaga medis di fasilitas layanan Kesehatan. Penggunaan sarung tangan medis oleh tenaga medis berfungsi untuk menghindari penularan penyakit dari pasien. Penularan penyakit dari pasien bisa saja terjadi melalui droplet, sehingga penggunaan APD bagi tenaga medis bisa dikatakan wajib.

Sarung tangan non steril biasanya digunakan oleh tenaga medis pada saat melakukan pemeriksaan fisik kepada pasien. Selain itu, sarung tangan non steril juga digunakan untuk memegang alat kesehatan, atau bisa juga digunakan Ketika membersihkan alat Kesehatan yang digunakan. Sarung tangan non medis steril biasanya terbuat dari bahan latex, vinil dan nitril.

Perbedaan Sarung Tangan Latex, Vinyl dan Nitrile

Sarung tangan latex digunakan untuk melindungi tangan dari terkena risiko kontaminasi, risiko penyebaran virus dan bakteri hingga penularan penyakit. Di era adaptasi kebiasaan baru atau biasa disebut new normal, tak sedikit masyarakat yang kini mulai memperhatikan keamanan dan kebersihan. Ini untuk menunjang hidup yang lebih sehat dan terhindar dari baha virus Covid19. Berbicara tentang sarung tangan, terdapat 3 jenis sarung tangan yang kerap digunakan yakni sarung tangan nitrile dan vinyl.

Lalu apa perbedaan kedua jenis sarung tangan tersebut dengan sarung tangan latex ? ini dia penjelasannya.

Sarung Tangan Latex

Seperti namanya, jenis sarung tangan ini terbuat dari material karet latex. Jenis ini memiliki kualitas yang lebih premium dari jenis nitrile dan vinyl. Penggunaan jenis sarung tangan ini lebih sering digunakan untuk skala industry dan medis. Sifatnya adalah memiliki lapisan yang sangat kuat, solid, fleksibel dan anti slip. Meskipun memiliki sifat yang sangat baik dan berkualitas, sarung tangan ini tidak di rekomendasikan untuk para pemakai yang memiliki alergi, karena sarung tangan ini dapat menyebabkan reaksi alergi.

Sarung Tangan Nitrile

Berbeda dengan jenis pertama, sarung tangan nitrile terbuat dari material karet sintesis. Sarung tangan nitrile memiliki sifat tahan lama terhadap kebocoran, tahan terhadap zat – zat kimia. Sifat lainnya dari sarung tangan ini adalah memiliki dua lapisan (hitam dan biru) sehingga tahan akan risiko robek, memiliki sensitifitas tinggi dan tentu saja latex-free atau tidak menimbulkan reaksi alergi pada pemakainya. Jadi, bagi Anda yang memiliki alergi namun wajib menggunakan sarung tangan, penggunaan jenis sarung tangan ini bisa menjadi alternatif untuk Anda.

 

Sarung Tangan Vinyl

Diantara sarung tangan latex dan nitrile, jenis sarung tangan yang terakhir ini merupakan jenis sarung tangan yang ramah kantong karena terbuat dari material yang lebih murah yakni vinyl. Penggunaan sarung tangan vinyl lebih banyak digunakan untuk sector kuliner dan penggunaan rumahan. Sehingga untuk industry Kesehatan tidak bisa menggunakan jenis sarung tangan ini karena vinyl tidak memiliki ketahanan bagi zat – zat kimia.

Penting bagi tenaga medis untuk memakai sarung tangan medis. Sarung tangan mencegah kontak kulit tangan dengan darah, cairan tubuh, droplet, jaringan tubuh, dan benda – benda yang terkontaminasi patogen. Sarung tangan sebaiknya digunakan sekali pakai. Panjang sarung tangan sebaiknya melewati pergelangan tangan dan ukurannya sesuai sehingga lengan baju pelindung dapat dimasukkan ke dalamnya.

PT Globindo Mega Pratama sebagai salah satu distributor alat Kesehatan yang juga menjadi distributor sarung tangan medis telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dipercaya di berbagai rumah sakit sebagai supplier. Dengan tim yang profesional, PT Globindo Mega Pratama mampu melayani dengan solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis