Mengenal Metode Injeksi Syringe. Simak Penjelasannya

45 Tinjau  | 

Mengenal Metode Injeksi Syringe. Simak Penjelasannya

Suntikan adalah metode pemberian obat melalui injeksi atau infus melalui pembuluh intravena. Sebenarnya, intravena sendiri memiliki arti ‘di dalam vena’. Jadi obat akan dimasukkan langsung ke pembuluh vena menggunakan jarum atau tabung yang disebut kateter IV. Prosedur injeksi intravena ini harus dilakukan oleh ahli medis profesional.

Kapan Metode Injeksi Perlu Dilakukan ?

Metode injeksi intravena adalah tindakan medis yang harus dilakukan oleh dan dalam pengawasan ahli medis profesional. Biasanya metode injeksi intravena ini dilakukan di rumah sakit untuk menangani pasien yang membutuhkan control atas dosis obat.

Metode injeksi intravena juga dapat mempercepat penyerapan obat bagi pasien. Contohnya adalah pada pasien serangan jantung, stroke, atau keracunan.

Injeksi intravena akan dilakukan Ketika pasien perlu mendapatkan obat-obatan yang dosisnya harus dimasukkan secara perlahan ke dalam tubuh. Katup dan selang yang digunakan dalam metode injeksi intravena akan membuat tenaga medis dengan mudah mengatur dosis serta waktu yang ditentukan agar obat bisa terserap dengan baik.

Jenis Intravena Yang Paling Umum

Biasanya jenis intravena yang standar akan digunakan dalam jangka pendek atau paling lama 4 hari. Injeksi intravena yang standar hanya menggunakan sebuah jarum akan ditusukkan pada pembuluh vena di pergelangan tangan, siku, atau punggung tangan. Kateter kemudia dimasukkan menggantikan jarum.

Kateter intravena standar biasanya digunakan untuk dua jenis metode IV di bawah ini :

·         Suntik intravena, menggunakan jarum suntik biasa untuk menyuntikan obat ke kateter. Digunakan untuk memberikan obat – obatan ke pembuluh darah hanya dalam satu kali dosis.

·         Infus intravena, digunakan untuk memberikan obat – obatan ke pembuluh darah secara konstan namun sedikit demi sedikit, terdiri atas infus pompa dan infus tetes.

Umumnya, jenis intravena standar ini diberikan pada kasus – kasus rawat inap, operasi, untuk obat-obatan penghilang sakit, pengobatan mual, atau antibiotik.

Perbedaan Antara Injeksi Intravena dan Intramuskular

Penyuntikan atau sering disebut injeksi dalam istilah medis menjadi salah satu tindakan medis yang sering dilakukan. Penyuntikkan harus dilakukan oleh tenaga profesional dan berhati – hati, karena banyak risiko yang bisa menyertai. Peralatan yang digunakan harus terjaga kebersihan dan steril, karena peralatan injeksi dapat menjadi media penyebaran maupun penularan penyakit karena virus.

 

 

 

Injeksi Intravena

Ada beberapa jenis obat yang diberikan secara injeksi melalui intravena, salah satunya adalah infus. Artinya obat diberikan langsung ke dalam pembuluh darah menggunakan jarum atau tabung. Istilah intravena berarti menuju ke dalam pembuluh darah.

Penggunaan suntikan secara intravena sering digunakan karena dapat memberikan dosis obat yang besar dan cepat. Pemberian secara injeksi intravena ini juga bisa jadi cara yang terkontrol untuk memberikan obat dari waktu ke waktu.

Injeksi Intramuskular

Sementara itu, injeksi intramuscular dilakukan dengan menyuntikkan obat melalui otot. Salah satunya Ketika dokter menyuntikkan vaksin ke dalam tubuhmu. Orang – orang dengan kondisi tertentu seperti multiple sclerosis dan rheumatoid arthritis juga perlu melakukan suntik ini secara mandiri. Dokter bisa melakukan injeksi intramuscular jika tidak dapat menemukan pembuluh darah yang tepat, obat tertentu yang justru akan mengiritasi pembuluh darah, atau sistem pencernaan yang membuat obat menjadi tidak efektif. Injeksi ini juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu obat mudah terserap, karena otot memiliki pasokan darah yang banyak, pun jaringannya mampu menampung lebih banyak obat dibandingkan dengan jaringan lemak.

Cara Mendapatkan Suntikan iv

Untuk mendapatkan suntikan intravena tidaklah sulit. Mudah didapatkan di distributor syringe atau toko alat kesehatan ternama. Salah satunya adalah PT Globindo Mega Pratama.

PT Globindo Mega Pratama merupakan distributor alat kesehatan yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Menyuplai berbagai alat kesehatan kualitas impor ke seluruh Indonesia tanpa ongkos kirim.

Untuk memastikan produk yang dikirim ke layanan kesehatan adalah produk terbaik sesuai standar departemen kesehatan, PT Globindo Mega Pratama memiliki tim yang telah bersertifikasi. Agar suntikan ataupun alat kesehatan lainnya memang benar-benar layak sesuai kebutuhan layanan medis.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis