Perbedaan Sarung Tangan Latex, Vinyl, dan Nitrile

58 Tinjau  | 

Perbedaan Sarung Tangan Latex, Vinyl, dan Nitrile

Sarung tangan medis adalah salah satu jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang biasanya digunakan oleh para tenaga kesehatan pada fasilitas layanan Kesehatan. Penggunaan sarung tangan medis  berfungsi untuk menghindari penularan penyakit dari pasien.

Sarung tangan salah satu peralatan yang wajib dimiliki, terutama bagi mereka yang sangat sering beraktivitas di dapur. Banyak manfaat yang bisa di dapat jika menggunakan sarung tangan ini. Selain menjaga dari noda, sarung tangan juga dapat menghindarkan tangan dari zat – zat kimia berbahaya. Terdapat tiga jenis sarung tangan paling populer di dunia yaitu sarung tangan latex, nitrile dan vinyl. Banyak orang yang bingung harus membeli yang mana. Berikut penjelasannya

Perbedaan Sarung Tangan Latex, Nitrile, dan Vinyl. Mana Yang Terbaik ?
1.      Sarung Tangan Latex
Jenis sarung tangan yang pertama yaitu sarung tangan latex. Nah sarung tangan latex ini tentunya terbuat dari karet latex. Berbeda dengan jenis sarung tangan yang lainnya, sarung tangan latex ini menggunakan bahan alami sehingga kualitasnya pun sedikit lebih premium. Sarung tangan latex lebih banyak digunakan untuk skala industry dan medis. Nah sarung tangan latex ini memiliki lapisan yang sangat kuat, solid, fleksibel dan juga anti slip. Sayangnya banyak orang harus mencari alternatif lain selain sarung tangan latex karena sarung tangan latex dapat menyebabkan reaksi alergi. Kabar baiknya, jika setelah pemakaian tidak mengalami reaksi alergi, maka sarung tangan latex merupakan pilihan yang paling tepat dan berkualitas.
·         Karakteristik Sarung Tangan Latex
Beberapa karakteristik dari sarung tangan latex :
a)      Sangat rapat, sehingga terasa seperti lapisan kulit kedua
b)      Sensitivitas jari jemari tidak akan terganggu saat menggunakan sarung tangan latex
c)      Sangat bagus untuk penggunaan jangka Panjang
d)      Sangat cocok untuk penggunaan tinggi resiko seperti menyentuh zat – zat kimia berbahaya
e)      Sangat elastis dan kuat
2.      Sarung Tangan Nitrile

Jenis sarung tangan paling populer lainnya yaitu sarung tangan nitrile. Nah berbeda dengan sarung tangan latex, sarung tangan nitrile ini terbuat dari bahan karet sintesis. Biasanya sarung tangan nitrile ini merupakan alternatid terbaik bagi pengguna yang mengalami alergi saat menggunakan sarung tangan latex. Dibanding dengan jenis sarung tangan lainnya, sarung tangan nitrile ini merupakan yang paling tahan akan kebocoran. Karena fitur anti bocor tersebut, biasanya sarung tangan nitrile digunakan untuk keperluan medis. Selain untuk keperluan medis, sarung tangan nitrile juga sering digunakan untuk keperluan medis maupun industry.
·         Karakteristik Sarung Tangan Nitrile
a)      Latex free – alias tidak menimbulkan reaksi alergi pada penggunanya
b)      Merupakan jenis sarung tangan paling anti bocor, sehingga cocok bagi yang sering menyentuh bahan – bahan kimia
c)      Memiliki sensitivitas tingkat tinggi
d)      Sangat erat, sehingga jari mudah bergerak
e)      Tahan terhadap zat – zat kimia
f)       Memiliki dua lapisan yaitu hitam dan biru, jika mulai robek maka lapisan biru akan kelihatan
3.      Sarung Tangan Vinyl
Jenis sarung tangan lainnya yaitu sarung tangan vinyl. Nah sarung tangan vinyl ini lebih banyak digunakan untuk bisnis kuliner dan juga penggunaan rumahan. Dibandingkan dengan kedua jenis sarung tangan diatas, sarung tangan vinyl jauh lebih murah. Namun daya tahan dan proteksi sarung tangan vinyl ini tidak seberkualitas sarung tangan latex dan nitrile. Karena alasan tersebut, sarung tangan vinyl lebih efektif digunakan untuk keperluan yang sifatnya rumahan.
·         Karakteristik Sarung Tangan Vinyl
a)      Latex – free
b)      Kurang rapat dengan permukaan kulit
c)      Efektif untuk digunakan jangka pendek
d)      Sangat beresiko untuk penggunaan jangka Panjang
e)      Merupakan opsi sarung tangan paling murah

Dari masing – masing penjelasan sarung tangan non steril baik latex, nitrile maupun vinyl semua tergantung pada pemakaian dan penggunaan sehingga tidak salah fungsi dari sarung tangan tersebut.
PT Globindo Mega Pratama sebagai salah satu distributor alat Kesehatan yang juga menjadi distributor sarung tangan medis telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dipercaya di berbagai rumah sakit sebagai supplier. Dengan tim yang profesional, PT Globindo Mega Pratama mampu melayani dengan solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis