Tips Memilih Sarung Tangan Medis Terbaik

49 Tinjau  | 

Tips Memilih Sarung Tangan Medis Terbaik

Sarung tangan medis digunakan untuk melindungi tangan dari terkena risiko kontaminasi. Biasanya digunakan oleh tenaga medis di fasilitas layanan Kesehatan. Penggunaan sarung tangan medis oleh tenaga Kesehatan berfungsi untuk menghindari penularan penyakit dari pasien. Sarung tangan umumnya juga digunakan saat tenaga medis melakukan tindakan operasi.

Ada dua jenis sarung tangan medis yaitu untuk pemeriksaan dan bedah. Sarung tangan bedah memiliki ukuran yang lebih tepat dengan presisi dan sensitivitas yang lebih baik dan dibuat dengan standar yang lebih tinggi. Sarung tangan pemeriksaan tersedia sebagai steril dan non steril, sedangkan sarung tangan bedah umumnya steril.

Selain obat-obatan, sarung tangan medis banyak digunakan di laboratorium kimia dan biokimia. Sarung tangan medis menawarkan perlindungan dasar terhadap korosi dan kontaminasi permukaan. Namun, mereka mudah ditembus oleh pelarut dan berbagai bahan kimia berbahaya, dan tidak boleh digunakan untuk pencuci piring atau sebaliknya.

Faktor – faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih sarung tangan, yaitu :

·         Banyaknya paparan sinar matahari yang akan anda terima.

·         Benda yang dihadapi atau dikerjakan, apakah benda tersebut bersifat korosif, panas, dingin, tajam atau kasar. Karena alat pelindung tangan berbeda – beda. Sarung tangan dapat terbuat dari karet kulit maupun kain katun. Jadi perhatikan lebih teliti lagi pelindung tangan bahan apa yang cocok sesuai dengan kebutuhan.

Macam – macam Sarung Tangan

Setelah mendapat sarung tangan yang sesuai, coba kenakan dan gerakan seluruh jari – jari secara bergantian pastikan jari tidak merasa sakit karena terjepit karena terlalu sempitnya ruang gerak jari di dalamnya. Lebih baik memilih sarung tangan yang menutupi pergelangan tangan agar tangan dapat terlindungi secara maksimal. Berikut adalah macam – macam sarung tangan dan bahan pembuatannya :

·         Leather Gloves berfungsi untuk melindungi tangan dari permukaan yang kasar.

·         Latex Disposable Gloves berfungsi sebagai pelindung tangan dari bakteri dan juga kuman.

·         Rubber Gloves  untuk melindungi tangan saat bekerja atau berhadapan dengan listrik

·         Padded Cloth Gloves berfungsi untuk melindungi tangan dari benda yang tajam

·         Heat Resistant Gloves untuk melindungi tangan dari panas api

·         Vinyl dan Neoprene Gloves berfungsi untuk melindungi tangan dari bahan – bahan kimia yang beracun dan berbahaya

·         Metal Mesh Gloves  berfungsi untuk melindungi tangan dari benda – benda tajam juga memberikan pencegahan agar tidak terpotong oleh benda yang tajam.

 
Bahan Sarung Tangan

Sarung tangan yang dibuat dari bahan sintetis memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis yang lain. Gloves sintesis memberikan perlindungan dari bahan kimia dan biohazard. Kelebihan dari gloves sintesis ini juga dapat bertahan terhadap objek tajam dan tidak mudah sobek. Gloves sintesis adalah bahan yang biodegradable yaitu sampah yang tidak dapat diuraikan dengan sempurna oleh proses biologi aerob maupun anaerob.

Cara Memilih Sarung Tangan Yang Baik

1.      Pilih gloves yang berkualitas tinggi

2.      Pilih ukuran gloves yang pas dengan ukuran tangan

3.      Periksa kerapihan jahitan, karena akan melindungi tangan pemakai dari cedera atau lecet akibat gesekan

4.      Perhatikan bantalan pada permukaan telapak tangan pastikan cukup aman dan kuat

5.      Pastikan juga gloves yang dipilih nyaman Ketika digunakan, lalu coba gerakan seluruh jari – jari tangan dan pastikan tangan tidak sakit atau terjepit

6.      Lebih baik memilih gloves yang penuh sampai menutupi pergelangan tangan agar tangan dapat terlindungi maksimal.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa mencari sarung tangan medis yang baik disesuaikan dengan pemakaiannya dan fungsinya. Jangan sampai Ketika akan melakukan kegiatan yang mengharuskan menggunakan sarung tangan, sarung tangan yang dipilih tidak melindungi diri.

PT Globindo Mega Pratama sebagai salah satu distributor alat Kesehatan yang juga menjadi distributor sarung tangan medis telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dipercaya di berbagai rumah sakit sebagai supplier. Dengan tim yang profesional, PT Globindo Mega Pratama mampu melayani dengan solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis