Mengenal IV Catheter, Warna Menjadi Pembeda Ukuran

568 Tinjau  | 

Mengenal IV Catheter, Warna Menjadi Pembeda Ukuran

IV Catheter merupakan kateter yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena. Fungsinya sebagai vena tambahan untuk pengobatan intra vena jangka panjang atau lebih dari 48 jam. Intra vena adalah sebuah metode pemberian obat yang dilakukan secara langsung melalui pembuluh darah. Terapi ini biasanya menjadi pilihan terbaik jika kondisi tubuh pasien sudah tidak memungkinkan minum obat lewat mulut.

Perbedaan warna yang ada pada IV Catheter ternyata memiliki fungsi masing-masing. Perbedaan warna tersebut bertujuan untuk membedakan ukuran jarum. Nyatanya jarum infus yang selama ini digunakan memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda – beda. Uniknya, jarum infus dibedakan ukurannya melalui angka.

Semakin besar angka yang melabeli sebuah jarum, artinya semakin kecil ukuran dari jarum tersebut. Berikut perbedaannya dimulai dari jarum yang terkecil

1.      Kuning

IV Catheter yang berwarna kuning memiliki ukuran jarum 24G. Jarum infus yang satu ini digunakan pada neonatus, bayi, anak dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh. Cairan infus yang dialirkan lewat jarum ini sangat lambat.

2.      Biru

Jarum dengan warna biru memiliki ukuran 22G. Jenis satu ini cocok untuk bayi, anak dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh.

3.      Merah Muda

Merah muda memiliki ukuran 20G. Biasanya jarum ini digunakan pada orang dewasa dan anak. Penggunaannya untuk memasukkan cairan infus untuk maintenance.

4.      Hijau

Dengan angka 18G, jarum berwarna hijau cukup besar. Biasa digunakan orang dewasa dan anak, dipasang pada kondisi bedah mayor, trauma, resustasi cepat.

5.      Abu-abu

Ini adalah set dengan jarum terbesar. Jarum ini digunakan untuk orang dewasa dalam kondisi bedah mayor, trauma, resustasi cepat.

Cara Mendapatkan IV Catheter

Untuk mendapatkan IV Catheter tidaklah sulit. Dapatkan di distributor IV Catheter atau toko alat Kesehatan ternama. Salah satunya adalah PT Globindo Mega Pratama. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama menyuplai berbagai alat Kesehatan dengan kualitas terbaik ke seluruh Indonesia. Agar IV Catheter ataupun alat Kesehatan lainnya benar-benar layak, PT Globindo Mega Pratama didampingi tim yang bekerja secara profesional.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis