Penggunaan Sarung Tangan Latex di Era New Normal

51 Tinjau  | 

Penggunaan Sarung Tangan Latex di Era New Normal

Dalam menjalani kebiasaan baru di era new normal, banyak orang yang memilih untuk memakai sarung tangan latex dengan tujuan menghentikan penyebaran covid19. Pemilihan penggunaan sarung tangan latex ini kebanyakan di dasari oleh tingkat kenyamanan dan fleksibilitas dari sarung tangan itu sendiri.

Sarung tangan latex umumnya termasuk sarung tangan medis yang non steril. Mengapa demikian ? Karena penggunaan sarung tangan latex diluar dari pembedahan atau tindakan di ruang operasi dan bisa digunakan untuk masyarakat luas dalam melindungi diri dari paparan covid19. Namun memakai sarung tangan latex saja bukan berarti akan terhindar dari bahaya virus corona. Memakai sarung tangan lateks juga bukan berarti menjadi alasan untuk tidak mencuci tangan. Walaupun menggunakan sarung tangan lateks, harus tetap mengikuti protokol Kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak selama berada diluar rumah.

Fungsi Sarung Tangan Latex

Secara umum, sarung tangan latex berfungsi untuk melindungi tangan dari kotoran, risiko kontaminasi, penyebaran kuman, bakteri atau virus dan penularan penyakit. Sarung tangan latex banyak digunakan dalam kegiatan layanan Kesehatan karena tingkat elastisitas, dan kenyamanan yang dimilikinya

Spesifikasi Sarung Tangan Latex

Sarung tangan latex sendiri terbuat dari karet alam yang aman digunakan. Sarung tangan latex banyak dipilih oleh kebanyakan orang karena memiliki spesifikasi yang cukup baik seperti :

·         Cukup tipis sehingga lebih nyaman untuk digunakan

·         Memiliki sensitivitas sentuhan tingkat tinggi

·         Aman untuk dipakai dalam waktu lama

·         Bekerja dengan baik untuk menghindari kontaminasi dari pekerjaan yang melibatkan bahan infeksius

·         Sangat elastis dan kuat

·         Mudah terurai

Cara Penggunaan Sarung Tangan Latex yang Benar

Ada beberapa hal yang harus dipahami untuk mengenakan sarung tangan latex dengan benar. Berikut cara menggunakan sarung tangan latex yang benar :

1.      Pilihlah sarung tangan dengan ukuran yang pas

Salah satu langkah yang paling penting dalam menggunakan sarung tangan latex adalah harus memilih ukuran yang pas. Sarung tangan yang tidak pas akan meningkatkan kemungkinan untuk terkontaminasi. Saruang tangan yang terlalu longgar akan mengurangi fleksibilitas dan kenyamanan.

2.      Periksa sarung tangan sebelum digunakan

Penting juga untuk memeriksa keadaan sarung tangan latex yang hendak digunakan. Pastikan sarung tangan tidak robek atau bolong supaya tangan tetap terlindungi.

3.      Cuci bersih tangan

Sebelum memakai sarung tangan latex, hendaknya harus mencuci bersih tangan. Namun jangan gunakan sarung tangan pada saat tangan dalam keadaan basah. Keringkan terlebih dahulu dan jangan memegang benda lain.

4.      Kenakan dengan cara yang benar

Usahakan untuk tidak menyentuk bagian luar sarung tangan saat mengenakannya, supaya kebersihan tetap terjaga.

5.      Melepas sarung tangan dengan benar

Hal penting yang perlu diingat saat akan melepas sarung tangan adalah upayakan untuk tidak menyentuk bagian luar sarung tangan. Dikarenakan bisa mendapat cairan atau zat yang tidak diinginkan pada kulit.

6.      Buang sarung tangan setelah dipakai

Setelah selesai menggunakan sarung tangan latex, dianjurkan untuk tidak mencuci atau menggunakannya Kembali. Dikarenakan bakteri atau virus yang menempel pada sarung tangan latex bisa berkembangbiak dan jika digunakan Kembali bisa menempel pada telapak tangan.

Dapat disimpulkan bahwa mencari sarung tangan medis yang baik disesuaikan dengan pemakaian dan fungsinya. Sarung tangan medis non steril seperti latex menjadi banyak incaran lantaran di era pandemi ini menjadi salah satu kebutuhan di era new normal.

PT Globindo Mega Pratama sebagai salah satu distributor alat kesehatan yang juga menjadi distributor sarung tangan medis telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dipercaya di berbagai rumah sakit sebagai supplier. Dengan tim yang profesional, PT Globindo Mega Pratama mampu melayani kebutuhan pelanggan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis