Bolehkah Memakai Masker Seharian ? Ini Penjelasannya

44 Tinjau  | 

Bolehkah Memakai Masker Seharian ? Ini Penjelasannya

Saat beraktivitas di luar rumah, masker menjadi bagian dari pakaian wajib. Sebenarnya bolehkah kita mengenakan masker medis atau masker sekali pakai seharian?

Di Berbagai Negara, Masyarakat Disarankan Untuk Mengganti Masker Medis Setiap Empat Jam

Banyak di berbagai negara diterapkan sebaiknya menggunakan masker medis setiap empat jam sekali diganti. Namun orang sehat ternyata dapat mengenakan masker N95 selama 8 jam terus  - menerus atau sesekali dapat mengenakan masker medis selama 4 jam sekali pakai. Namun, jika yang memiliki penyakit kronis tidak direkomendasikan untuk mengenakan masker – masker ini untuk waktu yang lama.

Berdasarkan informasi WHO mengganti masker setiap empat jam sekali dianjurkan karena seseorang akan cenderung menyentuh masker, mungkin untuk membetulkan posisinya atau merasa kurang nyaman.

Hal ini meningkatkan resiko kontaminasi virus. Selain itu, saat pengguna masker banyak bicara, berbicara dengan keras atau bernyanyi, masker akan mudah basah. Kekuatan masker untuk menahan partikel serta untuk ditembus oleh partikel pun akan berkurang. Inilah juga menjadi alasan mengapa masker tidak lagi ‘breathable’ dan mungkin merasa kesulitan bernapas saat menggunakan masker.

Kapan Mengganti Masker ?

Untuk pengguna masker medis atau sekali pakai sebaiknya gantilah masker saat kotor, lembab atau basah. Saat masker sobek, berlubang atau rusak dan saat masker sudah kurag elastis. Sedangkan untuk kamu pengguna masker kain sebaiknya ganti masker kain saat tali masker sudah kendur atau rusak.

Saat masker tidak lagi pas menutupi hidung, mulut dan dagu sehingga menimbulkan celah. Terdapat benang yang lepas, sobekan atau lubang di maskermu. Saat masker terkena noda, misalnya tumpahan minuman atau cap yang tidak bisa hilang meski sudah dicuci. Semakin sering masker dicuci makan akan semakin tipis.

Bagaimana Cara Mengganti Masker Agar Masker Baru Tetap Higienis

·         Sebelum melepas masker lama maupun sebelum memasang masker baru, bersihkan tanganmu terlebih dahulu

·         Lepaskan masker bekas pakai dengan memegang tali masker di belakang telinga atau dibelakang kepala, bukan bagian depan atau kain masker

·         Jauhkan masker bekas dan segera buang di tempat sampah

·         Cuci tangan dengan air sabun dan gunakan hand sanitizer berbasis alkohol

PT Globindo Mega Pratama merupakan distributor alat kesehatan yang mana juga menyediakan berbagai jenis masker kesehatan. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama sudah dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik. Tidak hanya menjual peralatan rumah sakit, PT Globindo Mega Pratama juga jual masker medis.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis