Penggunaan Masker Yang Benar Selama Pandemi

71 Tinjau  | 

Penggunaan Masker Yang Benar Selama Pandemi

Salah satu protokol Kesehatan yang wajib dilakukan saat beraktivitas di masa pandemi adalah menggunakan masker. Hal itu penting untuk mencegah penularan virus corona. Masker perlu digunakan dengan benar agar bisa memberikan perlindungan yang efektif. Manfaat penggunaan masker yang benar bisa melindungi diri sendiri dan juga orang lain dari penyebaran virus corona yang bisa terjadi melalui udara.

Saat ini masker medis menjadi salah satu kebutuhan lantaran dikeluarkannya peraturan pemerintah yang mengharuskan setiap masyarakat untuk menggunakan masker guna memutus rantai covid19.

Perlu dipahami bahwa, masker baru bisa memberikan perlindungan efektif bila digunakan dengan benar. Jadi bukan hanya sekadar memakainya saja, cara penggunaan masker pun harus benar agar bisa melindungi dari virus corona. Berikut penjelasannya :

Cara Menggunakan Masker yang Benar

Agar bisa memberikan perlindungan yang efektif, perlu menggunakan masker dengan benar. Berikut cara menggunakan masker yang benar sesuai anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) :

·         Biasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. Cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau bisa menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol

·         Pastikan area hidung, mulut dan dagu tertutup seluruhnya. Bagian masker yang berwarna berada di depan dan bagian berwarna putih menempel di wajah

·         Kemudian tekan bagian atas masker yang ada kawatnya agar mengikuti bentuk hidung

Tips Memilih Masker yang Tepat

Ada tiga jenis masker yang direkomendasikan oleh Kemenkes, yaitu masker kain, masker medis, dan masker respirator

Masker medis atau masker bedah merupakan jenis masker yang direkomendasikan untuk digunakan oleh masyarakat umum. Namun, saat ini masyarakat dianjurkan untuk menggunakan double mask, mengingat adanya varian virus corona yang baru dan lebih berbahaya serta cepat menular. Penggunaan double mask yang benar adalah dengan menggunakan masker medis terlebih dahulu lalu menggunakan masker kain sebagai lapisan selanjutnya.

Sedangkan masker respirator atau yang lebih dikenal dengan N95 atau KN95 memiliki kemampuan filtrasi yang lebih baik dibandingkan dengan masker medis, sehinggga direkomendasikan untuk orang yang merawat pasien covid19 dan tenaga Kesehatan.

Manfaat Menggunakan Masker yang Benar

Covid19 bisa menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain, terutama melalui droplet atau percikan dari saluran pernapasan.

Hal itu bisa terjadi Ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, bicara lalu droplet yang keluar terhirup melalui mulut atau hidung orang lain disekitarnya. Nah masker merupakan penghalang sederhana yang bisa membantu mencegah percikan pernapasan yang berisi virus. Tidak hanya beraktivitas di luar rumah, penting juga bagi kamu untuk menggunakan masker Ketika berada di dalam ruangan dengan orang – orang yang tidak tinggal bersama.

Nah untuk melindungi diri dari virus corona, PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan yang juga tersedia masker Kesehatan, jual masker medis dengan berbagai pilihan harga dan merk. Dipercaya di berbagai rumah sakit, PT Globindo Mega Pratama sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun disertai tim yang profesional siap melayani kebutuhan pelanggan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis