Alasan Masker Mulut Untuk Menjaga Kesehatan

166 Tinjau  | 

Alasan Masker Mulut Untuk Menjaga Kesehatan

Masker medis atau masker mulut menjadi salah satu benda penting untuk melindungi diri dari polusi dan kuman penyebab penyakit. Ada berbagai jenis masker mulut yang dapat Anda gunakan saat ini, yaitu masker bedah, masker KN95, masker KF94, dan masker kain.

Alasan Penting Memakai Masker Mulut

Berdasarkan penelitian, menggunakan masker mulut dengan benar memiliki berbagai manfaat untuk Kesehatan, di antaranya :

1.      Menghindari paparan polusi udara

Asap dari kendaraan bermotor, pabrik, rokok dan debu adalah berbagai jenis polusi udara yang bisa ditemukan setiap harinya. Nah paparan polusi ini dapat mempengaruhi kinerja paru – paru serta meningkatkan risiko terkena penyakit pernapasan, seperti asma, PPOK, dan penyakit jantung. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah berpolusi tinggi, ini adalah alasan utama untuk memakai masker mulut Ketika keluar rumah, sebab masker mulut bisa menyaring udara kotor sebelum terhirup oleh hidung.

2.      Mencegah penularan dan penyebaran penyakit

Menurut sejumlah penelitian, menggunakan masker mulut dapat mencegah penularan berbagai penyakit ISPA seperti flu, Covid19 dan SARS. Oleh karena itu, memakai masker mulut dapat menjadi salah satu cara terbaik agar tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa mencegah kuman menyebar melalui lendir dan cairan yang keluar saat bersin atau batuk.

3.      Melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi

Alasan memakai masker yang tidak kalah penting adalah melindungi Sebagian kulit wajah dari dampak buruk polusi udara dan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dan polusi udara yang berkepanjangan diduga dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko eksim, jerawat, flek hitam serta kanker kulit

 

Cara Memilih Jenis Masker Mulut

Sebenarnya penggunaan berbagai jenis masker medis apa pun seperti yang telah disebutkan di atas, baik masker bedah, KN95, KF94 atau masker kain. Alasannya semua masker baik untuk mencegah terhirupnya partikel berbahaya di udara. Hanya saja efektivitas masker ada yang lebih unggul atau desainnya lebih nyaman pada kondisi tertentu.

Masker bedah

Masker bedah atau masker medis dapat mencegah cairan tubuh yang mengandung kuman keluar melalui hidung atau mulut dan melindungi saluran pernapasan dari percikan air liur saat orang lain bersin atau batuk. Kelemahannya, partikel kecil seperti virus di udara terkadang masih bisa terhirup meski memakai masker jenis ini.

Masker KN95

Masker medis jenis masker KN95 memiliki desain rapat di sekitar bagian hidung dan mulut untuk mencegah masuknya virus dan bakteri melalui udara. Kelemahan masker ini adalah desainnya yang begitu rapat, sehingga kurang nyaman untuk digunakan dalam waktu lama dan bagi orang yang sedang merasa sesak.

Masker KF94

Masker KF94 merupakan masker KN95 versi Korea Selatan. KF sendiri adalah kepanjangan dari Korean Filter, sedangkan 94 menunjukkan kemampuan atau efektivitas menyaring kuman dan polusi di udara hingga 94%.

Masker Kain

Masker kain sering menjadi pilihan utama. Selain mudah didapat, masker ini bisa digunakan berulang kali. Meski begitu, pastikan Anda menggunakan masker kain yang terdiri dari tiga lapis, tepi masker tidak longgar, dan cuci masker kain dengan benar agar manfaat yang dapat diperoleh lebih optimal.

Pada dasarnya, alasan memakai masker mulut adalah sebagai alat bantu untuk melindungi, mencegah, dan mengurangi efek negatif dari partikel polusi atau kuman di udara yang dapat memicu masalah kesehatan. Selain menggunakan masker, Anda juga harus rajin mencuci tangan, membersihkan rumah dan menjaga kualitas udara di dalam rumah, menjauhi paparan polusi, serta menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit.

Nah untuk melindungi diri dari virus corona, PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan yang juga tersedia masker Kesehatan, jual masker medis dengan berbagai pilihan harga dan merk. Dipercaya di berbagai rumah sakit, PT Globindo Mega Pratama sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun disertai tim yang profesional siap melayani dengan solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis