Simak Penjelasan Sarung Tangan Steril dan Non Steril

54 Tinjau  | 

Simak Penjelasan Sarung Tangan Steril dan Non Steril

Fungsi Sarung Tangan Steril

Handscoon atau sarung tangan adalah salah satu jenis alat pelindung diri (APD) yang biasanya digunakan oleh tenaga medis di fasilitas layanan Kesehatan. Penggunaan sarung tangan oleh tenaga medis berfungsi untuk menghindari penularan penyakit dari pasien. Penularan penyakit dari pasien bisa saja terjadi melalui droplet, sehingga penggunaan APD bagi tenaga medis bisa dikatakan wajib. Salah satunya adalah menggunakan sarung tangan. Sarung tangan umumnya juga digunakan saat tenaga medis melakukan tindakan operasi.

Manfaat sarung tangan

Bagi tenaga medis di fasilitas layanan Kesehatan, sarung tangan berfungsi untuk mengurangi adanya risiko infeksi bacterial dari pasien ke tenaga medis maupun sebaliknya. Penggunaan sarung tangan juga berguna untuk menghindari adanya penularan flora kulit kepada pasien maupun kepada petugas. Sarung tangan juga berfungsi untuk mengurangi adanya kontaminasi tangan dari tenaga medis dengan mikrooganisme yang bisa saja berpindah dari satu pasien ke pasien lainnya.

Jenis jenis sarung tangan

Ada dua jenis sarung tangan yang digunakan oleh tenaga medis di fasilitas layanan Kesehatan. Yakni sarung tangan steril dan non steril. Lantas apa bedanya sarung tangan steril dan non steril ?

Sarung tangan steril

Sarung tangan steril adalah sarung tangan yang biasanya digunakan oleh nakes seperti dokter dan perawat saat melakukan tindakan invasif seperti operasi. Sarung tangan steril ini biasanya juga digunakan untuk perlindungan tingkat tinggi kepada tenaga medis serta pasien dari risiko infeksi. Contohnya adalah pada penanganan luka parah atau luka terbuka serta pemasangan kateter pada pasien. Sarung tangan steril biasanya terbuat dari bahan latex karet alami.

Sarung tangan non steril

Sarung tangan non steril biasanya digunakan oleh tenaga medis saat melakukan pemeriksaan fisik kepada pasien. Selain itu, sarung tangan non steril juga digunakan untuk memegang alat Kesehatan, atau bisa juga digunakan Ketika membersihkan alat Kesehatan yang digunakan. Sarung tangan non steril biasanya terbuat dari bahan latex, vinil dan nitril.

 

Cara menggunakan sarung tangan yang baik dan benar

Berikut adalah hal – hal yang perlu diperhatikan saat memasang maupun melepaskan sarung tangan steril dan non steril.

1.      Melepas semua benda yang menempel pada pergelangan tangan

2.      Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lalu dikeringkan

3.      Pastikan kuku jari tidak ada yang Panjang saat menggunakan sarung tangan, agar sarung tangan tidak robek

4.      Usahakan tidak menyentuh bagian dalam saat mengenakan sarung tangan

5.      Usahakan mengenakan sarung tangan pada tangan kanan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan memakai pada tangan kiei

6.      Lakukan pemakaian dengan hati – hati, jangan sampai bagian dalam sarung tangan tersentuh benda atau alat lain.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis