Sarung Tangan Karet Mampu Tangkal Covid ?

41 Tinjau  | 

Sarung Tangan Karet Mampu Tangkal Covid ?

Selain menutup hidung dan mulut menggunakan masker, banyak orang termasuk nakes melindungi diri dengan menggunakan sarung tangan karet agar tidak tertular virus covid19. Yang menjadi pertanyaan apakah efektif menggunakan sarung tangan karet ini untuk mencegah penularan ke tubuh ?

Bagi tenaga medis sarung tangan karet memang merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan saat menangani pasien Covid19. Fungsinya adalah menjaga tangan dari penyebaran infeksi atau penyakit selama pelaksaan pemeriksaan atau prosedur medis. Meskipun demikian, bukan berarti sarung tangan yang terbuat dari nitrile, latex dan isoprene bisa dipakai oleh orang awam (bukan tenaga Kesehatan). Pasalnya jika salah prosedur pemakaian, fungsinya sebagai pelindung diri akan hilang dan tidak mencegah virus maupun kuman lain yang mengakibatkan penyakit tertentu.

Langkah penting Ketika memakai sarung tangan karet

1.      Tetap harus cuci tangan, penggunaan sarung tangan karet bukan untuk menggantikan kewajiban mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Bahkan sebelum memasang sarung tangan karet, para tenaga medis tetap harus membersihkan tangan agar tidak ada kuman yang menempel

2.      Hati – hati saat melepas, pada tenaga medis sarung tangan karet harus dilepas langsung setelah melakukan tindakan, misalnya merawat pasien atau mengambil arah. Pelepasan sarung tangan karet ini pun tidak boleh sembarangan, agar tangan tidak terpapar virus atau kuman dari permukaan sarung tangan.

3.      Tidak boleh digunakan berulang kali, baik WHO, Kementerian Kesehatan RI, maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan sepakat bahwa sarung tangan karet hanya boleh digunakan satu kali (single use). Jadi jika sudah dilepas dari tangan, maka sarung tangan tersebut harus langsung dibuang dan tidak boleh digunakan Kembali.

PT Globindo Mega Pratama sebagai salah satu distributor alat Kesehatan yang juga menjadi distributor sarung tangan medis telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dipercaya di berbagai rumah sakit sebagai supplier. Dengan tim yang profesional, PT Globindo Mega Pratama mampu melayani dengan solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis