Kandungan Dalam Kertas Thermal, Berbahayakah ?

33 Tinjau  | 

Kandungan Dalam Kertas Thermal, Berbahayakah ?

Kertas thermal banyak digunakan dalam transaksi di berbagai merchant toko. Bahkan kertas thermal di pakai dalam dunia medis sebagai pencetak bukti.

Ternyata kertas thermal yang biasa digunakan tersebut mengandung bisphenol A atau bisphenol S kedua zat kimia ini bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker. Tidak hanya pada struk belanja, struk – struk lain yang dicetak, seperti tiket kereta, struk ATM dan lainnya juga mengandung bisphenol.

Mengapa bisphenol berbahaya ?

Sebuah riset di tahun 2015 menyatakan bahwa paparan BPA tiap harinya dapat terakumulasi dalam tubuh. Oleh karenanya, BPA dalam kertas thermal yang digunakan sebagai struk belanja bisa menjadi salah satu sumber zat karsinogenik yang berbahaya bagi tubuh.

Apa yang harus dilakukan ?

Memegang struk belanja ataupun struk lain yang menggunakan kertas thermal tidak dapat dihindari, tetapi dapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terpapar dengan zat zat kasinogenik dalam struk belanja. Hindari kontak memegang kertas thermal dalam jangka waktu yang lama. Buang bukti transaksi sekiranya apabila tidak dibutuhkan.

Walaupun kandungan di dalam kertas thermal berbahaya, kertas thermal dipergunakan para pelaku bisnis dikarenakan kebutuhannya untuk bukti transaksi. PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan juga menyediakan kertas thermal untuk berbagai jenis printer. Berpengalaman lebih dari 5 tahun dan dengan tim profesional PT Globindo Mega Pratama mampu melayani dengan solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis