Mengenal Foley Catheter dan Berbagai Jenisnya

46 Tinjau  | 

Mengenal Foley Catheter dan Berbagai Jenisnya

Foley catheter adalah alat untuk mengambil urin dengan cara tertutup agar terbebas dari polusi. Didesain sedemikian rupa agar mampu mengeluarkan urin dan menampungnya pada balon tanpa beresiko terjadi kebocoran pada kandung kemih.

Umumnya penggunaan kateter hanya untuk sementara, sampai pasien mampu kembali buang air kecil sendiri. Kateter juga perlu diganti dalam jangka waktu tertentu agar tetap berfungsi dengan baik dan tidak memicu infeksi. Selain dengan pemasangan kateter, dokter juga bisa mengatasi keluhan susah kencing dengan pemberian obat-obatan.

Kondisi Tertentu yang Memerlukan Kateter

Salah satu kondisi yang paling memerlukan kateter adalah retensi urine, yaitu kondisi ketidakmampuan kandung kemih dalam mengeluarkan seluruh urine, misalnya karena pembesaran prostat dan hidronefrosis.

Kateter juga sering digunakan dalam berbagai prosedur medis, seperti :

·         Proses persalinan dan operasi Caesar

·         Perawatan intensif yang membutuhkan pemantauan keseimbang cairan tubuh

·         Proses pengosongan kandung kemih sebelum, saat, atau sesudah operasi

·         Saat pemberian obat langsung ke kandung kemih, misalnya karena adanya kanker kandung kemih

 

 

Jenis – jenis Kateter dan Prosedur Penggunaanya

Berdasarkan jenis dan indikasinya, ada kateter yang langsung dilepas beberapa menit setelah penggunaan, ada juga yang baru dilepas setelah beberapa jam, hari, atau bahkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun pada dasarnya, semua jenis kateter memiliki fungsi yang sama, yaitu mengalirkan urine yang sudah terkumpul di kandung kemih untuk dibuang dari tubuh

Intermittent catheter

Kateter ini digunakan bila anda memerlukan kateter untuk sementara. Kateter ini biasa dipakai untuk pasien pascaoperasi atau pasien yang enggan membawa kantong penampung urine. Prosedur penggunaannya bisa dipasang melalui uretra hingga mencapai kandung kemih dan ditampung di kantong penampung urine atau kantong drainase.

Indwelling Catheter

Jenis kateter ini hampir sama dengan intermittent catheter yang ditujukan untuk pemakaian sementara waktu. Hanya saja, kateter jenis ini dilengkapi dengan balon kecil yang berfungsi mencegah kateter bergeser dan keluar dari tubuh. Cara kedua, kateter dimasukkan melalui lubang kecil yang dibuat di perut.

Condom catheter

Kateter jenis ini harus diganti tiap hari. Bentuknya menyerupai kondom yang dipasang pada bagian luar penis. Kateter jenis ini biasa digunakan pada pria yang tidak memiliki gangguan di saluran kemih namun memiliki gangguan mental atau psikis.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menyediakan berbagai alat Kesehatan untuk kebutuhan rumah sakit, klinik dan umum. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama didampingi tim profesional dalam melayani berbagai kebutuhan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis