Foley Catheter, Katerisasi Uretra pada Pasien Pria

38 Tinjau  | 

Foley Catheter, Katerisasi Uretra pada Pasien Pria

Katerisasi uretra merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengeluarkan isi urin dari dalam kandung kemih. Tujuan tindakan ini dapat berupa keperluan diagnostik, misalnya mencari etiologi dari gangguan sistem urin, atau keperluan terapi seperti untuk mengurangi retensi urin atau irigasi.

Pemasangan kateter dapat dilakukan dalam jangka waktu pendek, seperti saat prosedur operasi atau dalam jangka panjang, seperti pada kondisi retensiurin kronis. Pemasangan kateter biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman, sehingga diperlukan gel anestetik, misalnya lidokain, pada saat prosedur dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri. Jenis yang paling sering digunakan adalah indwelling catheter atau dikenal sebagai foley catheter, yang terbuat dari plastik karet lembut.

Di rumah sakit masih sering ditemukan pemasangan kateter yang tidak sesuai indikasi dan durasi terpasangnya kateter lebih lama dari seharusnya. Padahal katerisasi uretra harus sesuai dengan indikasi medis, dengan durasi pemasangan seminimal mungki. Hal ini penting untuk mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi akibat pemasangan kateter, seperti infeksi saluran kemih yang berhubungan dengan pemasangan kateter.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menyediakan berbagai alat Kesehatan untuk kebutuhan rumah sakit, klinik dan umum. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama didampingi tim profesional dalam melayani berbagai kebutuhan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis