Foley Catheter, Bantu Pasien Untuk Buang Urine

164 Tinjau  | 

Foley Catheter, Bantu Pasien Untuk Buang Urine

Salah satu yang mengandalkan bahan karet dalam proses produksi adalah foley catheter atau kateter balon dimana merupakan alat medis berupa tabung kecil yang fleksibel untuk membantu pasien yang mengalami kesulitan untuk mengeluarkan urine dari kandung kemih.

Siapa saja yang membutuhkan Foley Catheter

Foley catheter biasanya diperlukan untuk seseorang yang akan melakukan proses operasi dan seseorang yang sedang sakit, khususnya bagi mereka yang tidak mampu untuk mengosongkan kandung kemihnya. Jika kandung kemih tidak dikosongkan akan menyebabkan air kencing menumpuk pada ginjal dan efek buruknya dapat menyebabkan kerusakan yang berakibat fatal pada gagal ginjal.

Jenis – jenis kateter foley yang digunakan untuk proses medis

Ada beberapa jenis kateter foley yang sering tenaga medis digunakan dalam proses medis, seperti kateter plastic yang fungsinya bersifat sementara, karena menggunakan bahan plastic jadi mudah rusak dan tidak fleksibel. Biasanya kateter plastic digunakan untuk seseorang yang hanya mengalami sakit dengan kondisi tidak kronis.

Prosedur penggunaan Foley Catheter

Ada beberapa tahapan dalam pemasangan foley catheter sehingga penggunaan dalam mengosongkan kandung kemih bisa lebih maksimal :

1.      Pemasangan harus steril dan memiliki izin dari dokter pasien terkait yang merekomendasikan

2.      Perawat akan membuka dan membersihkan alat kelamin dan peralatan katerisasi

3.      Selang kateter dilubrikasi dengan pelumas tertentu agar mudah saat dimasukkan ke saluran uretra

4.      Selang kateter dimasukkan hingga mencapai leher kandung kemih pasien sekitar 5cm

5.      Pasien sudah bisa langsung buang air kecil menggunakan selang kateter

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menyediakan berbagai alat Kesehatan untuk kebutuhan rumah sakit, klinik dan umum. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama didampingi tim profesional dalam melayani berbagai kebutuhan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis