Mengenal Sistem Triage di dalam Instalasi Gawat Darurat

28 Tinjau  | 

Mengenal Sistem Triage di dalam Instalasi Gawat Darurat

Ketika pasien datang ke IGD (Instalasi gawat darurat), perawatan yang diberikan bukan berdasarkan ‘datang pertama dilayani pertama’. Melainkan dengan sistem triage yang menilai status pasien berdasarkan tingkat keparahan cedera atau penyakit yang dialami.

Triage merupakan nama sistem yang digunakan untuk mengurutkan kapan dan di mana pasien rumah sakit akan dirawat di Instalasi Gawat Darurat. Istilah triase juga mengacu pada penentuan kebutuhan pasien akan di perhatian medis darurat berdasarkan tingkat kondisinya.

Ketika pasien datang ke IGD perawatan yang diberikan bukan berdasarkan datang pertama dilayani pertama tetapi menggunakan sistem triase untuk mengurutkan pasien dalam kategori. Dengan begitu dokter dapat melayani pasien yang membutuhkan bantuan mendesak terlebih dulu.

Cara Kerja Sistem Triase di Instalasi Gawat Darurat

Sistem triase ada karena semua pasien di IGD mungkin mengalami penyakit atau cedera serius. Namun, pasien dengan kondisi yang mengancam jiwa dan parah harus dirawat terlebih dahulu.

Umumnya sistem triase menggunakan kode warna dalam mengkategorikan kegawatdaruratan pasien. Nah berikut penjelasan selengkapnya :

·         Merah : membutuhkan perhatian segera untuk cedera serius atau penyakit kritis yang mengancam jiwa. Pasien ini akan mendapatkan transportasi ambulans pertama untuk bantuan medis.

·         Kuning : cedera serius yang membutuhkan perhatian segera. Dalam beberapa sistem, warna kuning ditangani terlebih dulu karena mereka memiliki peluang pemulihan yang lebih baik, dibandingkan pasien dengan kode merah.

·         Hijau : cedera ringan, tidak mengancam jiwa dan bisa menunggu. Pada akhirnya ia akan mendapatkan bantuan tapi setelah menunggu pasien yang lebih parah.

·         Hitam : meninggal atau terluka parah. Kode hitam mungkin tidak berarti orang tersebut telah meninggal. Hal tersebut mungkin berarti bahwa dia tidak dapat ditolong, dan karena itu ia merupakan prioritas yang lebih rendah dibandingkan mereka yang dapat ditolong

·         Putih : tidak ada cedera atau penyakit

PT Globindo Mega Pratama menyediakan berbagai kebutuhan alat Kesehatan yang bisa dipakai di ruang IGD. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama melayani berbagai rumah sakit serta klinik dan didampingi tim profesional.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis