Mengenal Instalasi Gawat Darurat dan PICU

33 Tinjau  | 

Mengenal Instalasi Gawat Darurat dan PICU

Instalasi gawat darurat adalah salah satu bagian di dalam sebuah rumah sakit dan cedera, yang dapat mengancam kelangsungan hidupnya. Di IGD terdapat dokter dari berbagai spesialis Bersama sejumlah perawat dan dokter jaga. Instalasi gawat darurat berfungsi memberikan pelayanan medis yang sifatnya gawat dan darurat selama 24 jam sehari. Di dalam IGD terdapat sistem yang disebut triase, dimana triase ini menentukan pasien berdasarkan tingkat kegawatdaruratannya.

Berbeda dengan Instalasi Rawat Jalan yang memberikan pelayanan pasien yang tidak gawat dan tidak darurat, pasien di IGD biasanya pasien dengan kasus yang akut dan terjadi secara tiba – tiba tanpa mengenal waktu dan memerlukan pertolongan yang cepat dan tepat. Pasien rawat jalan yang karena kondisi medisnya tiba – tiba mengalami perburukan juga harus segera dimasukkan ke IGD.

Karena sifat operasional IGD yang harus cepat, tepat dan tidak dibatasi oleh waktu, maka kinerja IGD yang ideal sangat bergantung kepada sumber daya manusia, tata cara kerja yang baik, fasilitas pemeriksaan penunjang untuk mendukung proses diagnostic.

Organisasi di IGD bersifat multidisiplin, multiprofesi dan terintegrasi dengan struktur organisasi fungsional yang terdiri dari unsur pimpinan dan unsur pelaksana yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pelayanan terhadap pasien gawat darurat di IGD.

Sumber Daya Manusia (SDM) di IGD

Idealnya SDM di IGD terstruktur sebagai berikut

·         Jaga on call dokter subspesialis

·         Jaga on site dokter spesialis bedah, penyakit dalam, anestesi, kebidanan dan kandungan

·         Jaga on call dokter spesialis selain point 2

·         Dokter umum dengan sertifikasi Pelatihan Kegawatdaruratan

·         Perawat Kepala S1 atau D3

·         Perawat dengan sertifikasi Pelatihan Perawatan Emergensi

·         Tenaga non medis ; satuan pengaman dan petugas kebersihan

Apa itu PICU ?

Bagi orangtua yang memiliki anak yang sedang sakit, sudah pasti menimbulkan kesedihan dan kekhawatiran. Apalagi setelah dokter memutuskan untuk memasukkan anak ke ruang perawatan intensif khusus anak atau PICU.

PICU merupakan fasilitas atau unit terpisah di dalam sebuah rumah sakit yang diperuntukkan bagi penanganan pasien anak yang mengalami gangguan Kesehatan karena penyakit, kecelakaan/trauma, atau gangguan Kesehatan lain yang mengancam nyawa yang memerlukan perawatan intensif, observasi yang bersifat komprehensif, dan perawatan khusus.

Klasifikasi PICU

Pelayanan  PICU terdiri dari tiga strata pelayanan yaitu primer, sekunder dan tersier.

1. Pelayanan PICU primer (standar minimal)

Pelayanan PICU primer mampu memberikan pengelolaan resusitatif segera untuk pasien gawat, tunjangan kardio-respirasi jangka pendek, dan mempunyai peranan penting dalam pemantauan dan pencegahan penyulit pada pasien medik dan bedah yang berisiko. Dalam PICU dilakukan ventilasi mekanik (invasif atau non-invasif) dan pemantauan kardiovaskuler sederhana selama beberapa jam.

2. Pelayanan PICU sekunder

Pelayanan PICU sekunder memberikan standar PICU yang lebih tinggi, mendukung peran rumah sakit lain yang telah ditentukan, misalnya pneumonia, diare, dengue, malaria, measles, sepsis bakterial yang berat, kasus bedah, pengelolaan trauma, dan lain lain. PICU sekunder hendaknya mampu memberikan tunjangan ventilasi mekanis lebih lama melakukan dukungan/bantuan hidup lain tetapi tidak terlalu kompleks.

3. Pelayanan PICU tersier (tertinggi)

Pelayanan PICU tersier merupakan rujukan tertinggi untuk PICU, mampu menyediakan perawatan pediatrik definitif yang bersifat kompleks, progresif, berubah dengan cepat, baik bersifat medis, operasi, maupun gangguan traumatik, termasuk kelainan genetik/bawaan yang sering membutuhkan pendekatan multidisiplin. Memberikan pelayanan yang tertinggi termasuk dukungan/bantuan hidup multi-sistem yang kompleks dalam jangka waktu yang tak terbatas. PICU ini melakukan ventilasi mekanis, pelayanan dukungan/ bantuan terapi sulih ginjal dan pemantauan jantung-paru kardiovaskular) invasif dalam jangka panjang dan mempunyai dukungan pelayanan medis komprehensif. Semua pasien yang masuk ke dalam unit harus dikelola oleh dokter konsultan rawat intensif, konsultan  Emergensi dan Rawat Intensif Anak (ERIA) .

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menyediakan alat Kesehatan yang bisa menunjang pertolongan pertama sebagai bentuk pencegahan. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama melayani berbagai rumah sakit serta klinik dan didampingi tim profesional.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis