Kondisi Yang Mengharuskan ke Instalasi Gawat Darurat

149 Tinjau  | 

Kondisi Yang Mengharuskan ke Instalasi Gawat Darurat

Beberapa jenis pasien yang dirawat di IGD umumnya adalah pasien kecelakaan, pasien dengan penyakit akut maupun kronis yang mengancam nyawa atau keadaan darurat yang memerlukan perawatan segera, misalnya kasus keracunan. IGD menyediakan perawatan dan pengobatan darurat untuk penanganan awal.

Kondisi yang harus segera di tangani IGD

Sebagian orang tidak benar – benar tahu apa saja kondisi yang bisa atau harus ditangani di IGD. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang harus segera mendapatkan penanganan khusus di IGD :

·         Serangan jantung dan henti jantung

Serangan jantung merupakan kondisi di mana salah satu pembuluh darah jantung mengalami penyumbatan. Serangan jantung terkadang menunjukan gejala seperti sesak napas tiba – tiba, nyeri, dada terasa seperti ditekan, dan terasa penuh.

Rasa nyeri dada juga bisa timbul dan dapat menyebar ke bagian lain seperti Pundak, kedua lengan, punggung, perut bahkan rahang bawah. Ini merupakan kondisi gawat darurat yang membutuhkan penanganan cepat dan perlu segera di bawa ke IGD rumah sakit.

·         Cedera fisik akibat kecelakaan

Kecelakaan yang menyebabkan banyak luka atau cedera fisik juga merupakan kondisi yang diutamakan oleh IGD. Misalnya saja cedera akibat kecelakaan lalu lintas, luka bakar, pendarahan yang tidak kunjung berhenti, cedera pada kepala atau tulang belakang, cedera karena tersengat listrik atau tersambar petir, dsb.

·         Kesulitan bernapas

Semua kondisi yang menyebabkan kesulitan bernapas, sesak napas atau gagal napas sehingga tubuh kekurangan oksigen, termasuk dalam kategori kondisi yang memerlukan penanganan IGD. Kesulitan bernapas bisa terjadi karena adanya masalah pada paru-paru dan saluran pernapasan seperti asma, emboli paru, pneumothorax, dsb.

·         Stroke

Salah satu kondisi gawat darurat yang perlu secepatnya ditangani di IGD adalah stroke. Kondisi ini dapat disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah otak, atau karena pecahnya pembuluh darah otak. Gejalanya berupa kesulitan berbicara atau berjalan.

·         Keracunan

Keracunan merupakan kondisi yang juga memerlukan penanganan IGD segera. Keracunan di sini bisa menghirup, menelan atau menyentuh zat beracun, misalnya saja keracunan makanan, serta overdosis obat atau alkohol.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menyediakan alat Kesehatan yang bisa menunjang pertolongan pertama sebagai bentuk pencegahan. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama melayani berbagai rumah sakit serta klinik dan didampingi tim profesional

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis