Modifikasi Stetoskop Untuk Memonitor Suara Jantung

136 Tinjau  | 

Modifikasi Stetoskop Untuk Memonitor Suara Jantung

Suara jantung merupakan hal yang sangat penting, analisa suara jantung diperlukan untuk mengetahui kelainan pada fungsi jantung. Beberapa cara pemeriksaan fisis jantung antara lain :

Inspeksi, palpasi, perkusi dan auskultasi. Auskultasi jantung merupakan cara paling sering dimanfaatkan sebagai proses menginvestigasi informasi penting terkait Kesehatan jantung. Stetoskop digunakan sebagai alat bantu medis untuk pemeriksaan dengan cara auskultasi, dimana dokter mendengarkan suara jantung pasien. Keahlian dan ketelitian seorang dokter diperlukan untuk mendengarkan suara jantung dengan cara auskultasi, peletakan stetoskop menentukan hasil diagnosis seorang dokter. Apabila terjadi kesalahan dalam cara pengambilan suara jantung, maka dapat dimungkinkan akan tertangkap suara dari aktifitas organ tubuh yang lain. Suara jantung normal memiliki rentang frekuensi antara 20 hz hingga 500 hz. Penerapan filter dapat digunakan untuk mengatasi derau, low pass filter akan diterapkan pada pengembangan modifikasi stetoskop.

Stetoskop yang sudah dimodifikasi dengan menambahkan sensor mic di dalam membran stetoskop, kemudian digunakan sebagai masukan untuk rangkaian penguat dan difilter menggunakan LPF. Penerapan filter dapat digunakan untuk mengatasi derau, Low Pass Filter akan diterapkan pada pengembangan modifikasi stetoskop dengan bantuan tampilan GUI Matlab. Penerapan filter dan tampilan GUI ini dapat mempermudah diagnosis. Modifikasi stetoskop juga memudahkan dalam perekaman data, dengan menyimpan suara jantung dalam bentuk digital

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menyediakan alat Kesehatan yang bisa menunjang pertolongan pertama sebagai bentuk pencegahan. PT Globindo Mega Pratama juga menyediakan underpad berbagai ukuran. Berpengalaman lebih dari 5 tahin, PT Globindo Mega Pratama melayani berbagai rumah sakit serta klinik dan didampingi tim profesional.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis