Peran Oximeter dalam Penentuan Kadar Oksigen Dalam Darah

114 Tinjau  | 

Peran Oximeter dalam Penentuan Kadar Oksigen Dalam Darah

Kadar kejenuhan oksigen dalam darah merupakan hal yang penting untuk mengetahui kondisi Kesehatan tubuh. Jika tubuh manusia kekurangan atau kelebihan oksigen maka akan menimbulkan penyakit dan gangguan sistem kerja tubuh yang lain. Salah satu alat yang digunakan untuk mendeteksi kadar kejenuhan oksigen dalam darah adalah oximeter. Pada masa kritis, kadar oksigen dalam darah dipantau secara intensif sebagai salah satu parameter melakukan tindakan medis.

Salah satu instrument yang digunakan untuk mengetahui kadar kejenuhan oksigen dalam darah adalah oximeter. Pada prinsipnya oximeter bekerja berdasarkan transport oksigen dalam darah. Transport oksigen dalam darah ada dua bentuk yaitu yang terlarut dalam plasma dan terikat dengan hemoglobin. Normalnya sekitar 97% oksigen yang ditransport dari paru-paru ke jaringan terikat dengan hemoglobin dan sisanya 3% terlarut dalam plasma. Oleh karena itu terlihat perbedaan dalam warna darah yang mengandung banyak oksigen dan yang mengandung sedikit oksigen.

Jika kadar warna merah darah tersebut dapat diketahui maka dapat diketahui pula kadar oksigen darah. Dengan menggunakan sumber cahaya dapat menembus kulit manusia dan menggambarkan bagaimana spektrum warna darah dalam kulit tersebut, maka akan diketahui kadar oksigen dalam darah orang tersebut.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menyediakan alat Kesehatan yang bisa menunjang pertolongan pertama sebagai bentuk pencegahan. PT Globindo Mega Pratama juga menyediakan underpad berbagai ukuran. Berpengalaman lebih dari 5 tahin, PT Globindo Mega Pratama melayani berbagai rumah sakit serta klinik dan didampingi tim profesional.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis