Paparan CO dengan Saturasi Oksigen, Berhubungankah ?

127 Tinjau  | 

Paparan CO dengan Saturasi Oksigen, Berhubungankah ?

Pencemaran udara yang berasal dari bahan toksik merupakan salah satu masalah Kesehatan dunia. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) mencatat sekitar tujuh juta orang meninggal dunia akibat polusi udara dengan diantaranya 4,3 juta orang meninggal akibat polusi udara dalam ruangan dan 3,7 juta kematian akibat polusi diluar ruangan. Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting bagi produktifitas dan peningkatan produktifitas tenaga kerja selaku sumber daya manusia. Kondisi Kesehatan yang baik merupakan potensi untuk meraih produktifitas kerja yang baik pula. Pekerjaan yang menuntut produktifitas kerja tinggi hanya dapat dilakukan oleh tenaga kerja dengan kondisi prima. Salah satu upaya untuk meningkatkan Kesehatan dan keselamatan tenaga kerja yaitu dengan pengendalian lingkungan kerja yang baik secara fisik maupun kimia, sehingga dapat tercipta lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman.

Karbon monoksida atau CO adalah hasil pembakaran tak sempurna bahan bahan karbon atau bahan – bahan yang mengandung karbon. Pembakaran gas alam atau minyak bumi bisa menghasilkan sampai 5% CO. Setiap tahun CO dilepaskan ke udara dalam jumlah yang paling banyak diantara polutan udara. Transportasi menghasilkan CO paling banyak diantara polutan udara lain, terutama dari kendaraan – kendaraan yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Konsentrasi CO di udara per waktu dalam satu hari dipengaruhi oleh kesibukan atau aktivitas kendaraan bermotor yang ada. Semakin ramai kendaraan bermotor maka semakin tinggi tingkat polusi CO di udara.

Semakin sedikit oksigen yang terhirup maka semakin sedikit pula oksigen yang terikat dengan hemoglobin. Karena efek beracun karbon monoksida yang menyebabkan pelepasan ikatan oksigen dari hemoglobin menjadi karbonhemoglobin. Paparan karbon monoksida terhadap saturasi oksigen tidak berhubungan tetapi kelelahan kerja bisa menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke dalam darah. Karena jika terjadi kekurangan pasokan oksigen dalam darah bisa menyebabkan banyak timbul penyakit seperti serangan jantung dan yang lainnya

PT Globindo Mega Pratama sebagai penyedia alat Kesehatan menjual pengukur saturasi oksigen yaitu oximeter. Dengan pilihan harga dan kualitas barang yang terjamin, PT Globindo Mega Pratama melayani customer dengan berbagai solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis