Apa yang Dimaksud Barang Habis Pakai ? Simak Penjelasannya

152 Tinjau  | 

Apa yang Dimaksud Barang Habis Pakai ? Simak Penjelasannya

Secara harfiah, alat Kesehatan adalah suatu instrument, apparatus, mesin dan atau implant yang tidak mengandung obat. Alat Kesehatan juga dapat mengandung obat yang tidak mencapai kerja utama pada atau dalam tubuh manusia melalui proses farmakologi, imunologi, atau metabolisme, tetapi dapat membantu fungsi yang diinginkan dari alat Kesehatan tersebut. Alat Kesehatan dapat digunakan sendiri maupun bersamaan dengan alat Kesehatan lainnya sehingga dapat menghasilkan satu ataupun beberapa kegunaan seperti :

·         Sebagai instrument untuk melakukan diagnose, pemantauan, perlakuan, pengurangan penyakit tertent.

·         Sebagai instrument untuk melakukan diagnose, pemantauan, perlakuan, pengurangan atau kompensasi kondisi sakit.

·         Penyelidikan, penggantian, pemodifikasian, mendukung anatomi atau proses fisiologis.

·         Mendukung atau mempertahankan hidup seseorang.

·         Menghalangi pembuahan

·         Desinfeksi alat Kesehatan

·         Menyediakan informasi untuk tujuan medis atau diagnosa melalui pengujian in vitro terhadap specimen dari tubuh.

·         Memulihkan Kesehatan pada manusia

·         Membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh manusia

 

Apa yang dimaksud barang habis pakai ?

Alat Kesehatan memang banyak sekali macamnya. Keberadaan alat Kesehatan pun sangatlah penting terutama di linbgkungan rumah sakit maupun klinik tertentu untuk menunjang perawatan atau proses pemeriksaan seorang pasien. Salah satu dari sekian banyak jenis alat Kesehatan adalah barang habis pakai atau yang disebut dengan istilah disposable.

Penggunaan alat Kesehatan disposable hanya sekali pakai bertujuan untuk menghindari terjadinya penularan atau penyebaran virus atau kuman penyakit tertentu dari satu orang ke orang lain bahkan hingga virus yang mematikan sekalipun. Oleh karenanya alat – alat Kesehatan habis pakai ini benar -benar harus diperhatikan penggunaanya, jangan sampai anda ataupun orang lain menggunakannya lebih dari sekali.

Apa Saja Yang Termasuk Alat Kesehatan Habis Pakai (Disposable)

Setelah mengetahui definisi alat Kesehatan habis pakai atau disposable sudahkah terbayang apa saja yang termasuk ke dalam alat Kesehatan jenis ini

·         Alat penampung urine

·         Jarum suntik (spuit)

·         Kain kasa

·         Masker

·         Penutup kepala atau nurse cap (nurse cap ini biasanya digunakan sebagai penutup kepala oleh perawat saat bekerja)

·         Plester perban

·         Sarung tangan medis dan operasi

·         Selang oksigen

·         Selang bantu makanan

·         Selang pencuci isi perut

·         Tissue alkohol

·         Gelang pasien

·         Underpad bed (matras tempat tidur pasien

·         Dll

 

 

Selain itu, kamar operasi rumah sakit juga terdapat beberapa alat Kesehatan yang sifatnya disposable. Beberapa alat tersebut antara lain :

·         Topi pasien disposable

·         Topi tim bedah disposable

·         Benang operasi

·         Alkohol

·         Betadine

·         Kassa lipat bedah

·         Obat – obat anastesi

·         Endotracheal tube

·         Linen disposable

·         Selang infus

·         Cairan infus

·         Kantung infus

·         Kateter

·         Dll

Bagaimana penanganan limbah alat Kesehatan habis pakai (disposable)

Seperti yang telah disebutkan bahwa alat Kesehatan habis pakai atau disposable hanya dapat digunakan sekali saja (single use), maka setelah digunakan alat – alat ini harus segera dibuang atau dimusnahkan untuk menghindari terjadinya penularan berbagai penyakit yang berbahaya. Di dalam rumah sakit ataupun klinik seharusnya sudah ditetapkan standar keamanan untuk menangani limbah alat Kesehatan habis pakai, salah satunya dapat dilakukan dengan cara menyediakan tempat pembuangan khusus untuk sampah medis. Sehingga alat – alat Kesehatan habis pakai ini dapat langsung dibuang dan tidak tercampur dengan sampah lainnya yang non medis. Selanjutnya proses pengolahan limbah ini dapat dilakukan oleh tenaga yang berkompeten di bidangnya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis