Rasionalitas, Efektivitas, dan Isu Penggunaan Masker

146 Tinjau  | 

Rasionalitas, Efektivitas, dan Isu Penggunaan Masker

Penularan covid19 melalui droplet yang mengandung virus ataupun aliran udara menjadi jalur utama yang menyebabkan virus menyebar dan memiliki daya penularan tinggi. Berbagai studi telah menyarankan bahwa masker bedah dapat melindungi pemakainya dari berbagai infeksi pernapasan. Masker dapat melindungi tetesan yang lebih kasar dan transmisi aerosol yang lebih halus. Kebijakan penggunaan masker telah ditegakkan di banyak negara terutama Asia.

Suplai masker bedah yang tidak mencukupi membuat masyarakat dan pemerintah memperbolehkan penggunaan masker kain. Masker kain buatan sendiri mungkin masih memberikan perlindungan meskipun umumnya lebih rendah, selain itu uji klinis efektifitasnya masih kurang.

Ringkasan ilmiah yang dirilis WHO, data melaporkan bahwa transmisi droplet lebih sering terjadi karena tetesan infeksi membentuk gas awan turbulen dan memungkinkan partikel virus lebih lama berada di udara.  Beberapa penelitian menyatakant idak ada bukti secara klinis yang signifikan terkait perbedaan perlindungan antara masker bedah dan KN95. WHO memang menyarankan bahwa masker KN95 lebih aman dalam melindungi dari paparan virus namun sebenarnya baik itu masker apapun, diri kita juga harus diperkuat dengan imun yang baik dan sehat.

Manfaat paling penting dari penggunaan masker secara terus menerus adalah memberi perlindungan dan mencegah sebaran virus dari penderita asimptomatik, bergejala ringan.

PT Globindo Mega Pratama sebagai penyedia alat Kesehatan menjual pengukur saturasi oksigen yaitu oximeter. Dengan pilihan harga dan kualitas barang yang terjamin, PT Globindo Mega Pratama melayani customer dengan berbagai solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis