Pengadaan Alat Kesehatan RSUD, Memenuhi Standarkah ?

109 Tinjau  | 

Pengadaan Alat Kesehatan RSUD, Memenuhi Standarkah ?

Pengadaan alat Kesehatan adalah usaha pihak manajemen logistik rumah sakit dalam pemenuhan kebutuhan rumah sakit dan user akan alat Kesehatan untuk peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Untuk pemenuhan kebutuhan ini diperlukan pertimbangan efisiensi, efektifitas dan pemanfaatan alat Kesehatan dimana masih adanya alat Kesehatan yang diadakan belum dimaanfaatkan dalam memberikan pelayanan Kesehatan di rumah sakit. Rumah sakit merupakan salah satu unit pelayanan masyarakat yang bergerak di bidang Kesehatan. Ketersediaan alat yang disediakan harus bermutu dan berkesinambungan untuk memenuhi standar, peralatan tersebut terdiri dari peralatan medis untuk instalasi gawat darurat, rawat jalan, rawat inap.

Pengelolaan manajemen logistik alat Kesehatan yang baik adalah dengan memperhatikan rencana kebutuhan, skala prioritas, perencanaan pengembangan dan mengevaluasi manfaat bagi pelayan Kesehatan di rumah sakit. Penilaian kebutuhan (need assessment) adalah proses untuk menentukan dan mengatasi kesenjangan antara situasi atau kondisi saat ini dengan situasi atau kondisi yang diinginkan. Penilaian kebutuhan peralatan medis sesuai kemampuan/klasifikasi rumah sakit, penggantian peralatan medis dan pengembangan pelayanan Kesehatan sesuai kebutuhan masyarakat atau perkembangan teknologi.

Perhitungan peralatan medis untuk pemenuhan kebutuhan sesuai standar, jenis dan jumlah peralatan medis harus memperhatikan kemampuan layanan berdasarkan klasifikasi rumah sakit dan ketersediaan jumlah kompetensi SDM yang dipersyaratkan ketersediaan sarana ruangan untuk penempatan peralatan dan volume pemanfaatan pelayanan Kesehatan. Perencanaan peralatan medis di fasilitas pelayanan Kesehatan membutuhkan keterlibatan tenaga teknis peralatan medis, tenaga medis, keperawatan, tenaga teknis sarana prasarana dan manajemen. Perencanaan peralatan medis tertentu membutuhkan perencanaan kebutuhan ruangan untuk penempatan peralatan medis, tenaga medis, dan jumlah pasien serta instalasi medik meliputi kelistrikan, gas medik, dan sarana lainnya.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan, berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Kesehatan sudah dipercaya oleh berbagai rumah sakit dan klinik. Didukung oleh SDM yang bekerja secara profesional, PT Globindo Mega Pratama melayani dengan solusi.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis