Pengunaan Alat Pelindung Diri oleh Perawat

134 Tinjau  | 

Pengunaan Alat Pelindung Diri oleh Perawat

Rumah sakit merupakan sumber infeksi bagi petugas Kesehatan, pasien dan juga pengunjung. Risiko infeksi di rumah sakit dikenal dengan istilah infeksi nosokomial merupakan masalah Kesehatan global. Infeksi terkait pelayanan Kesehatan merupakan salah satu masalah global termasuk di Indonesia. World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa prevalensi kejadian HAIs pada pasien. Infeksi nosokomial paling umum terjadi adalah infeksi luka operasi (ILO). Kewaspadaan standar adalah kewaspadaan dalam pencegahan dan pengendalian infeksi rutin dan harus diterapkan terhadap semua pasien di semua fasilitas Kesehatan. Kewaspadaan standar ini dirancang untuk mengurangi risiko terinfeksi penyakit menular pada petugas Kesehatan baik dari sumber infeksi yang diketahui ataupun yang tidak diketahui.

Salah satu kewaspadaan standard adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Pengunaan APD bertujuan untuk melindungi diri sendiri yang dalam hal ini merupakan Kesehatan dan juga untuk melindungi pasien dari invasi mikroba patogen. APD yang sering dijumpai di RS antara lain berupa sarung tangan, masker, google (kacamata pelindung), face shield dan juga jubah.

Faktor ketidaksesuaian dalam penggunaan APD dapat dipengaruhi oleh faktor environment seperti ketersediaan APD. Kekurangan APD seperti sarung tangan steril yang seharusnya digunakan untuk melakukan tindakan bersifat aseptic seperti suction melalui ET dan ganti balutan luka operasi seperti luka laparatomi dan kraniatomi menjadi kendala utama dalam menggunakan APD yang tepat untuk tindakan tersebut.

Ketersediaan APD seperti sarung tangan bersih, masker dan apron di dalam ruangan saja sudah cukup baik, hanya saja untuk APD jenis – jenis tertentu seperti sarung tangan steril memang disediakan sesuai dengan keperluan tiap – tiap pasien. Perawat ruangan terkadang lupa untuk meresepkan sarung tangan steril yang dibutuhkan oleh pasien saat tindakan keperawatan tertentu.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan termasuk sarung tangan baik sarung tangan yang steril maupun non steril. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama sudah dipercaya berbagai rumah sakit dan klinik dan didukung tenaga kerja yang profesional.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis