Sarung Tangan Latex Sebagai Upaya Pencegahan Dermatitis

132 Tinjau  | 

Sarung Tangan Latex Sebagai Upaya Pencegahan Dermatitis

Sektor industri informal saat ini mampu membuka peluang kerja sehingga diharapkan status sosial ekonomi dan kualitas hidup keluarga serta masyarakat dapat ditingkatkan. Hal tersebut akan berhasil jika berbagai risiko yang berpengaruh dapat diantisipasi. Risiko tersebut kemungkinan terjadinya penyakit akibat kerja.

Penyakit atau gangguan Kesehatan dan ketidaknyamanan masyarakat yang berada di lingkungan kerja dapat diakibatkan oleh faktor yang timbul di dalam lingkungan kerja. Penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan bersifat multifactor yang saling terkait di tempat kerja. Penyakit tersebut tidak hanya terlihat di antara populasi pekerja. Presentase dermatitis akibat kerja dari seluruh penyakit akibat kerja menduduki porsi tertinggi sekitar 50-60%.

Selain prevalensi yang tinggi, lokasi kelainan dermatitis akibat kerja biasanya terdapat pada lengan, tangan dan jari. Hal ini sangat menganggu penderita dalam melakukan pekerjaan sehingga sangat berpengaruh negatif terhadap produktivitas kerjanya, maka dari itu penyakit tersebut perlu mendapat perhatian khusus. Semua penyakit kulit akibat kerja dapat dicegah. Pencegahan dapat dilakukan dengan pencegahan primer dan sekunder. Iritan atau penyebab local harus dijauhkan jika mungkin dan mudah dilakukan. Apabila sulit, kontak kulit dengan agen penyebab hendaknya dibatasi dengan langkah – langkah pengendalian administrative maupun penggunaan beberapa alat pelindung diri (APD) yang berfungsi sebagai pengendalian teknis. Penggunaan APD sarung tangan secara benar sangat efektif untuk mencegah penyakit kulit akibat kerja. Jenis sarung tangan yang digunakan sebaiknya disesuaikan jenis iritan yang ditangani dan jenis proses kerja yang dilakukan.


PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai kebutuhan rumah sakit maupun klinik termasuk salah satunya sarung tangan latex. Dengan kualitas produk yang terjamin, PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit serta klinik untuk menyalurkan berbagai alat Kesehatan sesuai kebutuhan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis