Pemasangan Foley Kateter Agar Tidak Terjadi Infeksi

123 Tinjau  | 

Pemasangan Foley Kateter Agar Tidak Terjadi Infeksi

Beberapa pasien dengan diagnosa medis tertentu dan kondisi umum tertentu mengharuskan dilakukan pemasangan kateter, seperti pasien pre dan post operasi ataupun pasien yang memerlukan bed rest total. Adapun kateter merupakan sebuah pipa Panjang, ramping dan fleksibel terbuat dari bahan yang lentur dan dapat dilihat dengan sinar X.

Katerisasi urin adalah suatu Tindakan untuk memasukkan kateter ke dalam kandung kemih melalui uretra, hal ini dilakukan hanya dalam keadaan terpaksa karena ada risiko masuknya mikroorganisme ke dalam kandung kemih dan saluran kemih. Oleh karena itu digunakan teknik sterilisasi untuk meminimalkan risiko kontaminasi mikroba. Pemasangan kateter merupakan salah satu intervensi yang diberikan kepada pasien dengan gangguan saluran perkemihan.

Kateter sendiri mengganggu pertahanan alami dari saluran perkemihan dengan menghalangi saluran periurehral, mengiritasi mukosa kandung kemih serta membuat rute buatan bagi organisme untuk memasuki kandung kemih. Organisme tersebut dapat mengakibatkan terjadinya infeksi saluran perkemihan.

Prosedur pemasangan kateter harus sesuai dengan standar yang ditentukan, untuk menjamin dilaksanakan oleh perawat yang telah mendapatkan pelatihan khusus. Risiko terjadinya infeksi saluran kemih semakin tinggi apabila prosedur pemasangan tidak dilakukan sesuai dengan standar. Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang sering menyerang pria maupun Wanita dari berbagai usia dengan berbagai tampilan klinis.

Kateter dapat menyebabkan infeksi saluran perkemihan, buruknya praktik cuci tangan pada personel kesehatan, cairan irigasi yang terkontaminasi dan teknik katerisasi yang tidak benar dapat berdampak terjadinya infeksi saluran kemih. Oleh karena itu katerisasi kandung kemih membawa risiko tinggi terhadap infeksi saluran kemih dan dianggap sebagai salah satu penyebab utama infeksi nosokomial.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat kesehatan menjual berbagai alat kesehatan termasuk foley kateter. Dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik, PT Globindo Mega Pratama melayani pelanggan dengan berbagai solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis