Tingkat Kepuasan Pelayanan IGD Pada Pasien

124 Tinjau  | 

Tingkat Kepuasan Pelayanan IGD Pada Pasien

Gawat darurat adalah suatu kondisi klinis pasien yang membutukan Tindakan medis dengan segera untuk menyelamatkan nyawa dan pencegahan kecacatan lebih lanjut. Gawat diartikan mengancam nyawa, sedangkan darurat adalah perlu mendapatkan tekanan atau Tindakan segera untuk menyelamatkan nyawa korban.

Beberapa penelitian di Amerika diperoleh data sebanyak 50% pasien tidak merasa puas terhadap pelayanan perawatan yang diberikan. Terkadang pelayanan yang diberikan perawat cenderung lambat pada tingkat responsive. Di Indonesia sendiri masih banyak pasien yang mengeluhkan soal lambatnya dalam proses penanganan darurat, waktu tunggu yang relative lama, perawatan yang tidak sesuai harapan ataupun fasilitas atau alat belum memadai dan pegawai yang masih kurang.

Response time merupakan kecepatan dalam penanganan pasien, dihitung sejak pasien datang sampai dilakukan penanganan. Waktu tanggap yang baik bagi pasien yaitu kurang dari 5 menit. Penanganan gawat darurat ada filosofinya yaitu time saving it’s live saving artinya seluruh Tindakan yang dilakukan pada saat kondisi gawat darurat haruslah benar – benar efektif dan efisien. Hal ini mengingatkan pada kondisi tersebut pasien dapat kehilangan nyawa dalam hitungan menit saja.

Keanekaragaman pasien di IGD yang datang dari berbagai latar belakang dari sisi sosial ekonomi, kultur, Pendidikan dan pengalaman membuat persepsi masyarakat atau klien yang berbeda beda. Keluarga merasakan puas dengan pelayanan yang diberikan tenaga kesehatan jika harapan mereka terpenuhi, pelayanan yang diperoleh seperti halnya, cepat tanggap, pelayanan yang diberikan optimal, ramah, sopan, dan interaksi yang baik.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat kesehatan menjual berbagai kebutuhan rumah sakit. Tidak hanya menunjang kebutuhan rumah sakit, PT Globindo Mega Pratama hadir di toko online untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan rumah tangga sebagai penanganan pertama gawat darurat bagi rumah tangga yang membutuhkan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis