Keseimbangan Ruang IGD dengan Pasien Gawat Darurat

163 Tinjau  | 

Keseimbangan Ruang IGD dengan Pasien Gawat Darurat

Ketidakseimbangan jumlah pasien dan ketersediaan ruang rawat dapat berakibat pada memanjangnya masa rawat pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Hal tersebut berdampak pada bertambahnya aktivitas dan beban kerja perawat selama pasien menunggu ketersediaan ruang rawat inap di ruang IGD. Berdasarkan situasi tersebut, penting untuk mengidentifikasi tingkat ketergantungan pasien selama periode rawat observasi dan rata -rata waktu yang digunakan untuk perawatan pasien rawat observasi selama pasien menjadi tanggung jawab perawat IGD.

Pelayanan kasus gawat darurat di rumah sakit saat ini semakin meningkat sebagai akibat modernisasi, hasil pembangunan, sarana angkutan, kepadatan penduduk, lingkungan pemukiman, dan kemajuan teknologi. Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan pada berbagai penyakit meliputi penyakit infeksi, penyakit akut, kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, bencana, dan kejadian lainnya yang akan berdampak pada meningkatnya permintaan jasa layanan rumah sakit (RS) salah satunya pelayanan instalasi gawat darurat (IGD).

Ketidakseimbangan antara proporsi pasien dan ketersediaan ruang rawat inap berdampak pada bertambahnya masa rawat pasien dan kesemerawutan di IGD. Fenomena overcrowding disebabkan karena ketidakseimbangan antara ketersediaan dan permintaan. Penyebab terjadinya overcrowding yaitu prosedur pelayanan, respon dari tim rawat inap, tata letak, kapasitas jumlah tempat tidur, jumlah pasien, jumlah dan kemampuan staf IGD.

Beberapa uraian diatas dapat disimpulkan bahwa keterbatasan saran dan prasarana RS diantaranya seperti ranjang rawat inap, sumber daya manusia dan alat kesehatan merupakan factor yang dapat menyebabkan terjadinya overcrowding dikarenakan memanjangnya length of stay akibat tertahannya akses ruang rawat inap. Hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya beban kerja staf di IGD.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat kesehatan menjual berbagai kebutuhan rumah sakit. Tidak hanya menunjang kebutuhan rumah sakit, PT Globindo Mega Pratama hadir di toko online untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan rumah tangga sebagai penanganan pertama gawat darurat bagi rumah tangga yang membutuhkan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis